ONIX News INSPIRING YOUR LIFE

Kocaknya Ryan Reynolds Jadi Pikachu dalam Trailer 'Detective Pikachu'

undefined

 

Warner Bros. akhirnya merilis trailer pertama dari film 'Detective Pikachu', yang menjadi film live-action pertama dari franchise Pokemon setelah berjalan selama 22 tahun.

Trailer Detective Pikachu menampikan sebuah dunia dimana para Pokemon hidup dan berbaur dengan masyarakat modern.

Film ini akan bercerita tentang seorang pemuda bernama Tim yang diperankan oleh Justice Smith yang tengah menyerah untuk menjadi seorang pelatih Pokemon.

Ketika ayah Tim yang merupakan seorang detektif bernama Harry Goodman menghilang, Tim bertemu dengan Detective Pikachu.

Tim ternyata memiliki sesuatu yang spesial dengan Detective Pikachu yang membuatnya menjadi satu-satunya orang yang bisa memahami apa yang Detective Pikachu katakan.

Pikachu ini diceritakan memiliki karakter yang menggemaskan, lucu, sekaligus kocak. Apalagi karakter Pikachu ini diisi suara oleh Ryan Reynolds, yang mana kalian sendiri tahu kan gimana kocaknya Ryan Reynolds kalau akting, apalagi dalam film Deadpool.

Mengetahui bahwa mereka bisa berkomunikasi satu sama lain, Tim dan Pikachu bersama dalam sebuah petualangan menegangkan untuk mengungkap misteri yang atas hilangnya ayah Tim.

Mereka bertemu dengan berbagai karakter Pokemon dan mengungkap plot mengejutkan yang dapat menghancurkan keseimbangan ini dan mengancam seluruh dunia Pokémon.

Selain Ryan Reynolds dan Justice Smith, film yang disutradarai oleh Rob Letterman (Goosebumps) ini juga menghadirkan bintang lain seperti Kathryn Newton, Rita Ora, Ken Watanabe, Bill Nighy dan Suki Waterhouse.

Detective Pikachu dijadwalkan akan rilis di bioskop pada 10 Mei 2019, simak nih trailernya!

Rumah Fred Durst, Kevin Parker, hingga Flea 'RHCP' Dilalap Api.

undefined

 

Kebakaran besar di California mengakibatkan rumah beberapa musisi di daerah Malibu, San Fernando, hingga Conejo Valleys dilalap api.

Salah satunya Fred Durst, vokalis Limp Bizkit. Ia mengaku dapat banyak kerugian dari peristiwa tersebut.

"Ketika kamu terbangun dari tidur dan rumah kamu telah terlalap api, namun kamu bisa menyelamatkan kursi, thermos, dan bola," ujar Durst lewat Instagram-nya.

Ia juga mengunggah sebuah meme ke Instagram Story dengan menambahkan penjelasan kalau dirinya kehabisan pakaian untuk bisa datang ke sekolah anaknya.

"Ketika kamu kehilangan segala yang kamu punya karena api beberapa hari lalu dan sadar kalau kamu nggak punya apapun untuk dipakai ke pertemuan guru-guru di sekolah anakmu," tulisnya.

Gitaris Limp Bizkit, Wes Borland, mengaku kehilangan efek, dua gitar, dua ampli dan beberapa perlengkapan manggungnya.

Namun belum jelas apakah semua perlengkapan Borland itu terlalap oleh api di rumahnya Durst atau di rumahnya sendiri.

Bassist Red Hot Chilli Peppers, Flea, mengaku rumahnya hampir kebakaran, untung aja ada seseorang yang berhasil memadamkan api-api yang ada di rumahnya.

"Rumahku bisa saja terbakar tadi malam, untung saja ada Eric yang langsung menyuruh evakuasi serta begadang semalaman untuk memadamkan api di rumahku dan juga rumah tetanggaku. Ia adalah orang yang berani," kata Flea.

Vokalis Tame Impala, Kevin Parker, mengaku kehilangan beberapa perlengkapan manggungnya di rumah yang ia punya di Malibu.

"Selamat tinggal untuk seluruh perlengkapan ini (dan rumah dari seseorang) di Malibu. Aku berhasil keluar dengan laptop dan Hofnerku. Hatiku hancur untuk alam yang bebas," ujarnya di Instagram.

Turut berduka cita untuk seluruh korban dan juga para musisi yang merasakan kerugian dari bencana alam ini.

5 Musisi Metal Dunia Ucapkan Bela Sungkawa untuk Stan Lee

undefined

Stan Lee, kreator dan editor di komik Marvel yang sudah melegenda, meninggal dunia di usia 95 tahun pada hari (13/11) ini. Nggak hanya orang-orang di blantika perfilman saja yang sedih akan kematiannya.

Bahkan, para musisi papan atas dunia yang mungkin selama masa kecilnya sering melihat karakter Marvel yang dibuat oleh Stan Lee, juga sedih ditinggal oleh sang legenda.

Banyak dari para musisi yang curhat terkait kepergian Stan Lee dan bercerita bagaimana mereka sangat mencintai karakter-karakter Marvel yang diciptakan oleh Lee.

Berikut ini adalah 5 musisi papan atas yang berbela sungkawa atas kematian dari Lee:

Corey Taylor (Slipknot)

"Hatiku hancur. Terima kasih telah membuatku percaya akan pahlawan," tulis Corey Taylor.

Kirk Hammett (Metallica)

"Stan Lee adalah seorang yang visioner dan merupakan pionir. Aku berhutang banyak kepadanya karena telah membentuk dunia fantasi masa kecilku, apresiasiku untuk segala seni dan mengajariku tentang kemanusiaan lewat ceritanya. Ia akan sangat dirindukan," paparnya.

Scott Ian (Anthrax)

"Aku nggak memiliki kata-kata untuk menceritakan bagaimana Stan berarti untukku. Aku nggak tau gimana caranya mengukur bagaimana imajinasinya berarti untuk hidupku. Semua yang telah aku buat secara kreatif telah terinspirasi dari dirinya, selama 50 tahun dalam hidupku," katanya.

Ice T (Body Count)

"Rest in peace, Stan Lee. Aku sangat merasa terhormat telah bertemu denganya. 95, hidup yang luar biasa," tutur Ice T.

Brendon Small (Dethklok)

"Oh, rest in peace Stan Lee, sial," ujarnya.

Rest in peace, Stan Lee. Terima kasih atas segala kenangan lewat karakter-karakter Marvel selama ini!

Greta Van Fleet sindir Musik Pop: Orang Malas Mendengarkan Musik Bagus Karena Harus Pake Otak untuk Menikmatinya.

undefined

Greta Van Fleet, band rock asal Amerika Serikat, yang sering disebut-sebut mirip banget sama Led Zeppelin, bikin pernyataan cukup kontroversial tentang musik pop.

Ketika diwawancarai oleh Rolling Stone terkait musik populer masa kini, Sam Kiszka, bassist Greta Van Fleet, memberikan opini pedas.

"Banyak musik-musik keren yang baru dirilis saat ini, ditulis dengan sangat baik. Masalahnya, lagu-lagu ini nggak diputar di radio dan nggak diekspos di media besar," paparnya, dikutip ONIX dari Ultimate-Guitar.

"Orang-orang mengacuhkan musik yang bagus karena harus pake otak buat ngedengerinnya," lanjutnya.

Kemudian, sang vokalis, Josh Kiszka, juga membahas isu menarik tentang musik pop.

"Hal menakutkan ketika mendengarkan musik pop di radio adalah, kamu nggak tau apakah kamu sedang mendengarkan band yang sama atau nggak," paparnya.

Selain itu, sang gitaris, Jake Kiszka, menjabarkan kalau musik rock 'n' roll mengalami kemunduran dalam evolusi.

"Jadi sekarang kayak balik ke masa lalu lagi, pergi ke waktu di mana rock 'n' roll berada, dan membuatnya berevolusi lagi," katanya jujur.

"Aku pikir generasi kita harus membawa tradisi itu, kita nggak bisa membiarkan itu (rock 'n' roll) hilang," pungkasnya.

Buat kamu yang belum tau banyak tentang Greta Van Fleet, saat ini mereka baru punya satu EP, berjudul Black Smoke Rising, yang dirilis pada 2017 di bawah naungan Lava Records.

Band ini sering dikritik karena memiliki sound yang sama persis dengan Led Zeppelin.

Mereka juga baru saja merilis album bertajuk Anthem of the Peaceful Army.

Keren! Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Diuji Untuk Ikuti Rally Dakar.

undefined

Sebagai bentuk persiapan mengikuti Rally Dakar, mobil listrik yang merupakan hasil kolaborasi antara dua perguruan tinggi, Universitas Budi Luhur dan ITS, bernama Blits akan diuji keliling Indonesia.

Nggak tanggung-tanggung, untuk tahap pengujiannnya, mobil listrik buatan anak negeri ini diperkirakan bakal menempuh jarak perjalanan kurang lebih 15.000 km ke berbagai macam pulau yang tersebar di Indonesia.

Blits sendiri akan memulai perjalanannya dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke, Kupang, Labuan Pajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi dan berakhir di Surabaya.

Menurut Rektor Universitas Budi Luhur, Didik Sulistyanto, proyek Blits digarap dengan tujuan meningkatkan kemampuan dari para dosen serta mahasiswa untuk menciptakan sebuah mobil listrik.

"Proyek Blits ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen untuk melahirkan mobil listrik," terang Didik Sulistyanto seperti yang dilansir ONIX dari Kompas.com.

Karena dipersiapkan untuk mengikuti rally dakar di Argentina, bagian-bagian seperti tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahan baterai menjadi perhatian utama dalam proses penggarapan Blits.

"Kita menargetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia," terang Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro.

undefined

Mobil Listrik Blits

Buat spesifikasinya sendiri, mobil listrik garapan putra bangsa ini dilengkapi dengan Blits Battery Pack berkapasitas, yang punya kapasitas maksimal 90kWh, maximum voltage 380V, base voltage 350V, max discharge current 777A, dan base discharge current 259A, yang terbilang mumpuni untuk mengeksplor Indonesia.

Widih keren banget nih mobilnya, semoga aja Blits mampu lolos dari tahap pengujian supaya nantinya bisa mengikuti Rally Dakar Argentina ya Sahabat ONIX!

'Kisah Klasik' dari Sheila On 7 Sukses Tutup The 90s Festival 2018

undefined

 

The 90s Festival, sebuah acara yang bikin nostalgia era 90an kembali digelar pada Sabtu (10/11) lalu di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Punya dua line up internasional, yakni The Morffats Reunion dan Blue nggak bikin musisi lokal sepi penonton. Sheila On 7 sebagai salah satu band Indonesia sukses menutup gelaran itu dengan lagu andalannya "Kisah Klasik".

Tampil ngaret dari waktu yang seharusnya nggak bikin penonton lekas pulang. Selepas penampilan Blue, penonton tetap merangsek ke depan panggung menunggu Sheila On 7 tampil.

Sayup-sayup terdengar Padi Reborn tampil di panggung sebelah bikin pemanasan para penonton sebelum "berkaraoke" bersama dengan Sheila On 7. Mereka pun dengan antusias bernyanyi bersama bernostalgia dari awal sampai akhir penampilan band asal Yogyakarta itu.

undefined

visual saat penampilan Sheila On 7 di The 90s Festival

Sebelum Duta dan kawan-kawan tampil, layar-layar besar di panggung tampilkan visual. Menariknya nih bro, Sheila On 7 tampil dengan latar khas mobile game Fortnite. Bagi lo yang gamers pasti nggak asing deh.

Mengawali penampilannya sekitar pukul 23:30, Sheila On 7 langsung memainkan lagu Bila Kau Tak Disampingku dan dilanjut dengan Jadikanlah Aku Pacarmu.

Setiap lagu usai, penonton bertepuk tangan riuh. Total ada 17 lagu dan dua diantaran medley yang band kelahiran 1996 itu bawa.

Saking antusiasnya pentonton, dalam lagu Dan Duta sengaja biarkan penonton nyanyi dari awal hingga reff lagu.

Tentu aja semua bernyanyi bersama dan hafal di luar kepala lagu tersebut bro. Menariknya, ada unsur synthesizer di lagu-lagu yang malam itu dibawa. Kesan musik elektronik terasa di antara lawasnya lagu band yang punya nama penggemar Sheila Gank itu.

Begitu pun saat akhir penampilan dalam lagu Kisah Klasik. Lagu dibuat lebih nge-beat dengan unsur elektronik khas synthesizer lebih kental.

Nggak bisa dipungkiri, ini jadi warna Sheila On 7 untuk memecah kebosanan pendengarnya soal lagu. Penampilan Sheila On 7 dengan synthesizer sebenarnya emang udah acap kali hadir. Kali ini mereka kembali bawa dan berhasil pecahkan malam The 90s Festival 2018.

Sheila On 7 seakan menunjukkan kualitas musik yang sesungguhnya dan mampu jadi band yang terus eksis sampai saat ini. Patut lah kalau kita bilang mereka calon band legenda tanah air.

Belum lagi soal penempatan dirinya, khususnya Duta dan Eros yang emang jadi idola. Mereka tahu betul siapa mereka, yakni idola banyak orang yang dinanti. Misal dalam lagu Lapang Dada saat Eross tampilkan kepiawannya dalam bermain gitar di balik punggung. Juga dengan Duta yang aktif berinteraksi dengan penonton.

Nggak heran, mau tua maupun muda terus jatuh cinta pada band ini.

Stan Lee, Pendiri Marvel Comics Meninggal Dunia Di Usia 95 Tahun

undefined

Ada yang lebih sedih dari cerita Peter Parker ditinggal Uncle Ben ternyata, yaitu saat mendengar kabar bahwa godfather dari Marvel Universe meninggalkan kita semua. ???? Ya, Stan Lee di usianya yang ke 95 meninggal dunia pada 12 November
.
Ia dilarikan ke rumah sakit pada Senin pagi dengan ambulans ke Cedas-Sinai Medical Center dan meninggal di sana.
.
Sebelumnya Stan Lee mengidap sejumlah penyakit beberapa tahun belakangan ini, seperti pneumonia dan masalah penglihatan.

Stan Lee memulai Marvel pada 1961 bersama Jack Kirby. Pertama ia mencipta komik The Fantastic Four, lalu Spider-Man, Black Panther, The Incredible Hulk, X-Men, Iron Man dan The Avengers.
.
Sampai usia senjanya, Stan Lee selalu muncul sebagai cameo di film-film superhero Marvel. Ia pun dipastikan bakal muncul lagi sebagai cameo di Avengers 4

Cerita-cerita superhero yang dibuat Stan Lee nggak hanya menghibur dan mengagumkan, tetapi juga menginspirasi kita untuk punya jiwa superhero serta ngasih kita harapan bahwa apapun yang terjadi dunia bisa kembali baik-baik saja.
.
Rest in peace Stan Lee. We're gonna miss you!

 

Post By Your Fans.

Peringati Hari Pahlawan, Begini Pesan Kapolda Kaltim untuk Masyarakat.

 

undefined


"Jadilah pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, selamat Hari Pahlawan tahun 2018," ujar Kepala Kepolisian Daerah Kaltim Irjen Pol Drs Priyo Widyanto, Sabtu (10/11/2018).

Jenderal bintang 2 ini, mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, dan berkarya membangun negeri ini.

Keamanan jadi modal penting untuk melakukan itu semua. Sehingga, kesadaran untuk menjaga situasi yang kondusif perlu dimiliki masyarakat.

Menurut Priyo Widyanto, sesuai dengan isi amanat yang ia bacakan pada upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73 tahun 2018, di Lapangan Upacara Mapolda Kaltim.

Peringatan Hari Pahlawan bukanlah sebatas acara peringatan, namun harus syarat makna. Pun bukan hanya sebuah prosesi namun substansi.

"Setiap peringatan hari pahlawan harus menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari," tutur Priyo Widyanto.

Untuk diketahui, upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti seluruh Pejabat Utama Polda Kaltim beserta Seluruh personil satuan kerja Polda Kaltim.

Upacara tersebut di rangkaikan dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks pancasila, pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan dilanjutkan dengan pembacaan amanat.

 

22 Awak Kapal Batu Bara yang Terbakar di Perairan Bontang Berhasil Dievakuasi, Ini Daftar Namanya.

undefined

 

Sebanyak 22 awak kapal KM Golden Ocean yang terbakar di perairan Bontang berhasil diselamatkan.

Mereka dievakuasi unsur SAR Gabungan dalam kondisi selamat, Sabtu (10/11/2018).

Awak kapal muatan batu bara tersebut dievakuasi dari KM Golden Ocean ke Kapal TG Windsheel.

Kapal tug boat yang berada di sekitar lokasi kejadian juga membantu proses evakuasi bersama unsur SAR gabungan.

"SAR Gabungan telah berhasil melaksanakan evakuasi terhadap 22 POB Kapal tanker KM.Golden Ocean dalam kondisi selamat. Seluruh korban saat ini diamankan di kapal TG Windsheel," kata Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan Gusti Anwar melalui Kasie Ops Octavianto.

Kendati demikian, proses pemadaman masih berlangsung dikarenakan api masih berkobar di kapal jurusan Surabaya-Bontang tersebut.

"Dengan berhasilnya evakuasi seluruh korban sesuai dengan data manifest dari keterangan dari nahkoda yang ada, dengan ini Operasi SAR dihentikan untuk selanjutnya dengan kesiapsiagaan," ungkapnya.

Adapun di antaranya identitas 22 orang korban, sebagai berikut :
1. Nahkoda = Stephenso M.M.P
2. C/O = Yudha Prionggo
3. KKM = Syaiful Anwar
4. Warjito
5. Ichwan Ardalu M.
6. Ari Eko P.
7. Moh. Ropik
8. Yoga Pramono
9. Anam Wahyudi
10. Aryo Eko P.
11. Yohanes de Cruse Arventa
12. Edi Suryanto
13. Ahmad Zulfikar
14. Raras Slamet Supriono
15. Djaenal Abidin
16. Syaiun Adam
17. Husri
18. Pasudana Dedi Al
19. Payen Ardiansah
20. Hari Prasetya
21. Harista M.
22. Totok Windu H.

Pemberitaan sebelumnya kapal Tanker dikabarkan terbakar di perairan Bontang, Kaltim, Sabtu (10/11/2018).

KM Golden Ocean merupakan nama kapal tanker dengan muatan batu bara itu.

Kapal tanker dari Surabaya jurusan Bontang mengalami kebakaran sebelum sampai ke lokasi tujuan. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran.

"Kru kapal meminta dievakuasi, informasi disampaikan melalui radio (Mayday Mayday) dan diteruskan kepada kami," kata Kepala Kantor Pencarian & Pertolongan Kelas A Balikpapan Gusti Anwar melalui Kasie Ops Octavianto.

Usai memastikan kebenaran kabar tersebut. Pihaknya kemudian menggerakan personel dan alut dari pos Pencarian & Pertolongan Kutim.

Meriahkan Hari Pahlawan, Peserta Youth Creation Mainkan Aransemen Lagu Wajib Nasional.

undefined

 

Youth Creation untuk pertama kalinya diadakan oleh STIMK Borneo Internasional.

Penyelenggara mengajak grup-grup band se-Balikpapan untuk turut serta memeriahkan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Sabtu (10/11/2018).

Lomba Akustik dengan mengaransemen lagu-lagu wajib nasional ini menarik minat anak-anak muda di Kota Beriman.

Sejak sore di area Food Avenue, Balikpapan Ocean Square, telah hadir sejumlah grup band yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta.

Tampak pula teman-teman dan keluarga mereka yang hadir untuk mendukung.

Terdapat sepuluh grup band yang akan bertanding memperebutkan juara pertama, di mana hadiahnya berupa uang senilai Rp 1 juta rupiah, trofi, dan voucher untuk berenang di kolam renang hotel Grand Tjokro Balikpapan.

Muncul dari berbagai latar belakang dan genre, para peserta berharap untuk memberikan yang terbaik dalam penampilan mereka, seperti band e-Kustik, yang mendapat urutan pertama untuk tampil.

"Kami sudah latihan terus-menerus, dengan metode sehari latihan, sehari istirahat," ucap Kemal, gitaris dan vokal e-Kustik.

Grup band yang masih tergolong muda, di mana mereka terbentuk sekitar bulan Agustus 2018, memiliki target untuk mendapatkan juara pertama.

"Target kami juara satu, sih," ucapnya, "karena kami ingin mencari prestasi di luar akademik juga."

Berbeda dari e-Kustik, grup band Salut Project telah tebentuk sejak tujuh tahun lalu, pada 2011. Mereka mengaku senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini.

"Kami bangga karena dari Balikpapan bisa 'ngadain' acara kayak gini, jadi anak-anak muda bisa berpacu juga, seperti misalnya dalam musikalitas, mereka bisa belajar buat aransemen lagu," ujar salah satu personel, Juan Sabian.

"Terlebih lagi, ini juga merupakan cara kita untuk mengapresiasi perjuangan para pahlawan," tambahnya.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih Penghargaan Sebagai Bandara Sehat.

undefined

 

PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan raih penghargaan bandara sehat.

Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam ajang Penghargaan Pelabuhan & Bandar Udara Sehat 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (10/11/2018) kemarin.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Farid Indra Nugraha, secara langsung menerima penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat 2018 oleh Kementrian Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Dr Kirana Pritasari, MQIH.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras gemilang seluruh karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, mewujudkan kinerja korporasi yang berdaya saing kuat, "ujar Farid, Minggu (11/11/2018).

Penghargaan yang diterima Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ini ditujukan bagi mereka yang berkontribusi secara optimal kepada perusahaan. Terutama dalam meningkatkan pelayanan jasa khusus di wilayah kebersihan Bandara.

"Terima kasih bagi seluruh karyawan yang telah bekerja keras," tuturnya.

Penghargaan Pelabuhan & Bandar Udara Sehat merupakan penghargaan yang rutin diselenggarakan tiap tahun oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain Bandara SAMSS, Bandar Udara Adi Soemarmo Solo juga Bandar Internasional Lombok mendapatkan penghargaan yang sama.

Penghargaan ini diberikan kepada bandar udara yang sudah memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaran Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat.

Untuk diketahui, penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2018 juga diraih Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung, dan Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang Banten yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

Bank Indonesia: Pembukaan Program Sekolah Peduli Rupiah

undefined

Pada 10 November 2018, bertepatan dengan hari Pahlawan, Bank Indonesia Balikpapan melaunching progam edukasi bagi siswa dengan tagline Sekolah Peduli Rupiah (SPR) tahun 2018. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Balikpapan, H.M Rizal Effendi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani. Launching SPR melibatkan 30 (tiga puluh) sekolah setingkat SMP/MTS se Kota Balikpapan yang didukung oleh Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

undefined

Suharman Tabrani menyampaikan bahwa pasca kesuksesan Sekolah Peduli Inflasi, Bank Indonesia Balikpapan kembali menggandeng Dinas Pendidikan Kota Balikpapan untuk menjalankan program dan campaign cinta Rupiah dengan melibatkan siswa/i level menengah pertama dalam program Sekolah Peduli Rupiah (SPR). Fokus SPR adalah edukasi atau literasi uang rupiah. Program Sekolah Peduli Rupiah merupakan paket lengkap edukasi atau literasi uang rupiah yang terdiri atas pengenalan ciri-ciri keaslian uang rupiah, kampanye cinta rupiah, serta dasar hukum mata uang. Program Sekolah Peduli Rupiah terdiri dari sejumlah lomba yaitu Pemilihan Duta Rupiah, Kompetisi Cerdas Cermat, Lomba yel-yel Kampanye Cinta Rupiah, serta lomba foto cinta rupiah. Program bertujuan untuk mencetak duta rupiah secara massive dan berkelanjutan. Program Sekolah Peduli Rupiah ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak sekolah mengenai Tugas Pokok Bank Indonesia, serta membangun kesadaran Cinta Rupiah yang pada gilirannya akan menjadi agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya.

undefined

Dalam sambutannya, Walikota Balikpapan mengungkapkan pentingnya siswa/I untuk menngenal dan mencintai uang rupiah. Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada Bank Indonesia yang selalu menginisiasi berbagai program untuk kalangan pendidikan terutama SMP maupun SMA di Kota Balikpapan. Launching SPR ditandai dengan penyematan pin SPR kepada perwakilan siswa dan siswi oleh Walikota Balikpapan dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, serta penandatanganan komitmen partisipai sekolah dalam kegiatan SPR. Bank Indonesia juga memberikan bantuan sosial kepada 30 sekolah yang berpartisipasi dalam rangka edukasi dan campaign cinta rupiah yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

undefined

Para peserta kegiatan juga diberikan edukasi menyeluruh mengenai kebanksentralan yaitu tugas, fungsi dan peran Bank Indonesia yang disampaikan oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Thomy Andryas. Selain itu, Tim Kasir Bank Indonesia turut mensosialisasikan mengenai perkembangan uang rupiah dan ciri-ciri keaslian uang rupiah. Antusiasme peserta terutama para siswa/i tercermin dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan serta partisipasi aktif dari berbagai quiz yang diberikan oleh para narasumber.

Bank Indonesia mengharapkan Program Sekolah Peduli Rupiah mampu meningkatkan pemahaman anak sekolah mengenai Tugas Pokok Bank Indonesia, serta membangun kesadaran Cinta Rupiah yang pada gilirannya akan menjadi agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya.

Kenalkan Ranti, Duta Warisan Budaya ASEAN Asli Putra Ponorogo.

undefined

Di sebuah sanggar di Ponorogo, tampak sekumpulan anak-anak tengah berlatih menari jathil dengan didampingi seorang pelatih. Setelah didekati, pelatihnya ternyata masih muda, bahkan karena tubuhnya yang mungil sekilas ia lebih mirip murid ketimbang guru.

Siapa sangka, gadis bernama Ranti Ninda Kartika (18) ini bukan seorang pelatih tari biasa. Ia baru saja terpilih sebagai Duta Warisan Budaya ASEAN mewakili Indonesia lho.

"Iya saya biasa ngajari anak-anak di sanggar namanya 'Sanggar Tari Taphak Dara'," tuturnya, Kamis (8/11/2018).

Warga Desa Karangan, Kecamatan Badegan ini mengaku sudah menggeluti seni tari jathil dan tradisional sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun ia tak pernah menyangka kecintaan Ranti pada tari mengantarkannya menjadi Duta Warisan Budaya.

"Kemarin sempat nggak percaya bisa terpilih karena saingannya banyak," ungkapnya.

Mahasiswi Politeknik Negeri Semarang ini menjelaskan pemilihan duta dilakukan sekitar satu bulan lalu. Saat itu, Ranti hanya mengirim video saat mengajar menari dengan menggunakan bahasa Inggris.

undefined

Ternyata videonya disukai juri dan membuat Ranti dipilih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai duta warisan budaya.

"Kemarin ada 80-an orang yang daftar terus dipilih 28 orang, saya salah satunya," jelasnya.

Setelah terpilih, sulung dari dua bersaudara ini mengikuti serangkaian kegiatan bersama 27 duta warisan budaya dari negara-negara ASEAN lainnya. Salah satunya World Heritage Camp Indonesia yang diselenggarakan di Yogyakarta selama 10 hari.

"Saat camp juga belajar budaya dari negara lain di ASEAN," paparnya.

Sebagai duta, tugas Ranti pun tak mudah. Ia diwajibkan mengenalkan warisan budaya kepada masyarakat sekaligus melestarikannya.

Namun Ranti mengaku memang sedang menuju ke sana. "Saya harap juga bisa mengenalkan kesenian tradisional khas Ponorogo ke negara lain," ujarnya.

Apalagi sebagai generasi milenial, ia terbantu oleh keberadaan media sosial dan teknologi informasi untuk memperkenalkan warisan-warisan budaya tersebut.

Sukses ya!

Snowden: Arab Saudi Lacak Khashoggi dengan Spyware Buatan Israel

undefined

 

Sebuah spyware buatan perusahaan Israel digunakan untuk melacak pergerakan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi sebelum dibunuh. Dengan spyware itu, otoritas Saudi mengetahui aktivitas Khashoggi yang tinggal di luar negeri.

Seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018), hal itu diungkapkan mantan kontraktor intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, dalam pernyataan via video call dari Rusia dalam sebuah konferensi di Tel Aviv, Israel. Spyware merupakan program yang terinstall dalam sistem komputer dan mampu mengumpulkan berbagai informasi soal pemilik komputer itu, untuk kemudian mengirimkan informasi ke lokasi tertentu.

Dituturkan Snowden dalam pernyataannya bahwa spyware Pegasus buatan perusahaan keamanan siber Israel, NSO Group Technologies, dijual ke sejumlah pemerintahan berbagai negara untuk digunakan dalam melacak musuh.

"Saudi, tentu saja, tahu bahwa Khashoggi akan pergi ke Konsulat (di Istanbul, Turki), karena dia memiliki temu janji. Tapi bagaimana mereka tahu tujuan dan rencana-rencananya?" ucap Snowden.

Khashoggi (60) yang seorang jurnalis senior Saudi, tewas dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Kantor jaksa Istanbul menyebut Khashoggi tewas dicekik lalu dimutilasi oleh tim intelijen Saudi. Otoritas Saudi telah mengakui Khashoggi tewas dalam pembunuhan berencana, namun lokasi jenazahnya hingga kini masih misterius.

Diungkapkan Snowden bahwa telepon genggam atau smartphone milik salah satu sahabat Khashoggi telah terinfeksi dengan spyware Pegasus. Disebutkan Snowden bahwa spyware itu memampukan otoritas Saudi mengumpulkan informasi soal Khashoggi.

"Kebenarannya adalah mereka mengejar beberapa sahabatnya (Khashoggi-red) melalui sebuah program yang diciptakan oleh perusahaan Israel," sebut Snowden, yang tidak menyebut lebih lanjut identitas sahabat Khashoggi itu. Hanya disebut bahwa sahabat Khashoggi itu mengasingkan diri ke Kanada.

Secara terpisah, laporan dari institut penelitian Kanada, Citizen Lab, menyebut sahabat Khashoggi yang dimaksud adalah Omar Abdulaziz yang berstatus permanent resident Kanada.

"Kami memiliki keyakinan tinggi bahwa telepon selular Omar Abdulaziz, seorang aktivitas Saudi dan permanent resident Kanada, ditargetkan dan diinfeksi dengan spyware Pegasus milik NSO Group," ungkap laporan Citizen Lab tersebut.

Spyware Pegasus yang bisa melakukan pengintaian secara tak terbatas pada telepon genggam, dipandang sebagai aplikasi spyware mobile paling kuat di dunia.

Snowden yang melarikan diri dari AS usai membocorkan ribuan dokumen soal program pengintaian jangka panjang pemerintah AS ini, mendapat suaka politik di Rusia sejak tahun 2013. Otoritas Rusia memperpanjang izin tinggal Snowden hingga tahun 2020.

[HOAKS] PT Pertamina Rekrut Pegawai Baru dan Adakan Program Beasiswa.

undefined

 

Beberapa waktu lalu beredar informasi di masyarakat mengenai rekrutmen pegawai tahun 2018 yang mengatasnamakan PT Pertamina (Persero).

Tak hanya itu, beredar juga informasi mengenai beasiswa bagi para pelajar, baik siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi.

Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita menegaskan informasi tersebut hoaks.

Informasi pertama mengenai rekrutmen pegawai PT Pertamina (Persero). Dalam informasi itu disebutkan pula persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, posisi yang dibuka, fasilitas yang akan diperoleh, dan beberapa berkas yang harus dilengkapi.

Surat lamaran dan seluruh berkas yang ditentukan dikirim ke alamat e-mail recruitmen.pertaminapersero@asia.com. Pengiriman tersebut paling lambat Minggu (18/11/2018).

Disebutkan pula, keputusan memanggil pelamar dan penentuan hasil merupakan hak panitia dan tidak dapat diganggu gugat.

undefined

Informasi mengenai rekrutmen bohong yang mengatasnamakan PT Pertamina

Persyaratan yang ada seperti jenis kelamin (pria atau wanita), jenjang pendidikan pelamar, komunikatif, bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, dan beberapa persyaratan lainnya.

Dalam informasi tersebut ada 25 posisi yang dibutuhkan.

Fasilitas yang nantinya diperoleh seperti jamsostek, bonus bulanan, rentang penghasilan, uang makan, uang transport, serta fasilitas lainnya.

Kelengkapan berkas adalah surat lamaran, daftar riwayat hidup, fotokopi kartu identitas, fotokopi kartu keluarga, pas foto.

Selain itu, pelamar diminta memberikan nomor telepon, kelengkapan sertifikat pendukung, dan alamat e-mail yang aktif.

Hoaks beasiswa Informasi kedua berisi mengenai pengumuman bahwa PT Pertamina akan memberikan beasiswa kepada pelajar sebesar Rp 2.500.000 per semester selama 4 tahun.

Berikut foto pamfletnya:

undefined

Pengumuman beasiswa bohong yang mengatasnamakan PT Pertamina

Penelusuran Onix Radio:

Manager External Communication PT Pertamina Arya Dwi Paramita menegaskan informasi tersebut tidak benar.

"Kalau yang itu sudah murni hoaks. Pengumuman itu tidak benar," kata Arya, Selasa (7/11/2018).

Arya mengatakan, pihaknya telah mengonfirmasi ke bagian terkait mengenai kabar tersebut.

"Kami sudah cek ke bagian Pertamina Foundation, ke teman-teman CSR itu tidak ada," ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh informasi yang resmi dari PT Pertamina akan disampaikan melalui situs resmi.

Masyarakat jika ingin mengonfirmasi kabar yang diterima dapat menghubungi kontak Pertamina 1500-000.

PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi yang sumbernya tidak berasal dari situs resmi mereka melalui akun resmi Twitter PT Pertamina, @pertamina.

Manajer Khabib Nurmagomedov Marah Besar Karena Disebut Teroris oleh Conor McGregor

undefined

 

Pertandingan antara petarung MMA Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor mungkin telah lama usai.

Namun, masih banyak "sisaannya" yang terus membuat kedua kubu terus bertikai.

Salah satunya ketika Conor melakukan konferensi pers sebelum menjalani laga melawan Khabib.

Kala itu, sang petarung UFC dari Irlandia sempat mengucapkan kata-kata nggak baik kepada manajer Khabib, yakni Ali Abdelaziz.

"Tutup mulutmu, Ali Abdelaziz! Teroris gila, teroris pengadu! Saya tahu banyak tentangmu dengan baik, tikus gila! Terus jaga mulutmu agar tertutup, nak!," kata McGregor kala itu.

"Bagaimana soal Noah? Bagaimana dengan Noah?," tutur McGregor dengan berteriak saat itu.

Buat kalian yang belum tau, Noah, sebagaimana yang diberitakan BolaSport.com, merupakan anak dari Ali Abdelaziz yang pernah diterlantarkan di Colorado, Amerika Serikat, saat Abdelaziz berkerja sebagai informan polisi.

Abdelaziz pun mengujarkan kemarahannya terhadap petarung yang memiliki julukan The Notorious itu.

"Saya ingin memukul Conor McGregor tepat di hidungnya dan menghancurkan wajahnya karena bicara soal keluarga saya," kata Abdelaziz yang dikutip BolaSport.com dari Bjpenn.

"Khabib Nurmagomedov sudah membalas dendamnya (kepada McGregor) di UFC 229, tetapi saya belum," tutur Abdelaziz.

UNICEF Kirim 36 Ton Logistik ke Balikpapan, Isinya Tenda dan Water Bladder untuk Warga Sulteng.

undefined

 

Satuan Tugas Udara, Unsur Lanud Dhomber, kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palu dan Donggala, Rabu (7/11/2018).

Unsur Lanud Dhomber telah memberangkatkan satu Pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara dari Skuadron Udara 32 Abdurahman Saleh, mengangkut 10 ton sembilan bahan kebutuhan pokok (Sembako) menuju Palu.

Sebelumnya sekira 07.00 Wita, pesawat dengan jenis Ilyusin L76TD milik negara Ukraina mendarat di Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimatan Timur, membawa bantuan Unicef untuk masyarakat Palu-Donggala, Sulawesi Tengah.

Bantuan Kemanusian yang berasal UNICEF tersebut sebanyak 36,598 ton yang terdiri dari tenda sekolah dan Water Bladder (kantung air).

Seluruh aktivitas loading-unloading termasuk penimbangan logistik dilaksanakan oleh Satgasud unsur Lanud Dhomber di Hanggar C dan Hanggar D milik Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimatan Timur.

"Bantuan sampai hari ini terus mengalir jajaran kami selalu siap menerima untuk menyalurkan logistik untuk saudara-saudara kita di Sulteng," kata Danlanud Dhomber Balikpapan, Kolonelt Pnb Muhammad Mujib.

Bantuan Hukum untuk 4 Tersangka Korupsi RPU Dinilai Tak Tepat, HMI Akan Kembali Gelar Aksi.

undefined

 

Organisasi Kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Balikpapan menanggapi rencana bantuan hukum yang akan diberikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan kepada empat ASN yang ditahan karena terlibat kasus korupsi pengadaan lahan Rumah Potong Unggas (RPU).

Kepala Bidang PTKP HMI Cabang Balikpapan, Angkit Wijaya, Rabu (7/11/2018) mengatakan, rencana bantuan hukum kepada pejabat korup jelas-jelas menyakiti masyarakat, khususnya HMI Cabang Balikpapan.

Bagaimana tidak, ucap dia, HMI Cabang Balikpapan telah memperjuangkan kasus korupsi RPU agar segera terselesaikan, namun seolah tanpa hati dan nurani, Pemkot Balikpapan dengan sadar memberikan bantuan hukum terhadap para koruptor yang merugikan negara hingga Rp 11 miliar tersebut.

"Kami rasa Wali Kota Balikpapan, Pak Rizal seharusnya bersikap profesional dan tidak melakukan intervensi dalam penanganan kasus korupsi RPU. Kami anggap beliau seolah-olah melindungi 4 ASN tersebut, ada apa sebenarnya?" ucap dia.

Ditambah Angkit, di lain sisi banyak masyarakat di Balikpapan menanti dan berharap agar kasus tersebut bisa terselesaikan.

Lanjutnya, adapun para ASN tersebut membutuhkan bantuan hukum, maka hal itu bersifat personal, bukannya malah diwadahi dan difasilitasi oleh Pemkot Balikpapan.

"Selain itu, dalam menyikapi hal tersebut kami HMI Cabang Balikpapan akan kembali melakukan aksi sebagai bentuk komitmen kami untuk terus mengawal kasus korupsi RPU sampai tuntas," tegasnya.

Home ← Older posts