"> Onix News Portal | Home Page

Dinas Perdagangan Balikpapan Sebut Progres Revitalisasi Pasar Klandasan Sudah 91,5 Persen

by admin on | 2023-12-29 14:41:22

Share: Whatsapp |


Dinas Perdagangan Balikpapan Sebut Progres Revitalisasi Pasar Klandasan Sudah 91,5 Persen

Onix news, Balikpapan - Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan Haemusri Umar menyampaikan berdasarkan data per 8 Desember 2023, progres fisik pembangunan Blok A Pasar Klandasan sebesar 90,53 persen.

Haemusri menjelaskan pada Desember ini, pekerja sudah masuk pekerjaan slop dan dinding kamar mandi, pemasangan bumbungan, kusen, dan pintu, pengecatan pipa. Kemudian pekerjaan mekanikal elektrikal, meja keramik, dan pemasangan talang air. Targetnya dalam pekan ini, seluruh pekerjaan bisa terlaksana 100 persen.

“Sedangkan untuk progres fisik pembangunan Blok B mencapai 91,49 persen. Rincian keseluruhan pekerjaan sudah dilaksanakan kontraktor. Kini, kontraktor mengejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mekanikal elektrikal plumbing (MEP). Selanjutnya, finishing lantai hardener, pekerjaan pengecatan eksterior, talang, dan penyelesaian rolling door,” bebernya.

Ia mengatakan pekerjaan Blok B ditargetkan rampung pada akhir Desember. Ia optimis revitalisasi kedua blok Pasar Klandasan dapat rampung sesuai target. Terlebih kondisi sekarang, pekerjaan sudah mencapai lebih dari 90 persen.

“Kami berharap, proyek terpenuhi 100 persen pada akhir tahun,” ucapnya.

Paket pembangunan ulang Blok A memiliki nilai proyek sebesar Rp 3,8 miliar berasal dari APBD 2023. Sementara, Blok B sebesar Rp8,6 miliar menggunakan dana bankeu provinsi. Setelah revitalisasi rampung, pedagang pasar yang sudah menunggu sekitar satu tahun di TPS bisa mengisi pasar kembali.

“Total terdapat 99 kios di Blok A dan Blok B sebanyak 165 kios,” tambahnya.

Secara keseluruhan progress revitalisasi pasar telah mencapai 91,5 persen. Dimana blok A merupakan area pedagang basah ikan hingga daging. Kemudian, Blok B pasar kering seperti sayuran dan buah. Dinas Perdagangan akan melanjutkan program revitalisasi Blok C dan Blok D yang merupakan area pasar blauran.


Leave a Comment