"> Onix News Portal | Home Page

Balikpapan Terus Mantapkan Persiapan Rakernas APEKSI XVII Di Balikpapan

by admin on | 2024-04-26 16:25:33

Share: Whatsapp |


Balikpapan Terus Mantapkan Persiapan Rakernas APEKSI XVII Di Balikpapan

Onix news, Balikpapan - Persiapan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) terus berjalan. Sebelumnya telah dilaksanakan rapat pemantapan untuk kegiatan yang akan berlangsung di Kota Balikpapan ini.


Rencananya Rakernas APEKSI bakal digelar pada 3-6 Juni mendatang. Rapat pemantapan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin selaku Ketua Umum gelaran Rakernas APEKSI XVII tersebut.


Kehadiran sekda didampingi Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Zulkifli. Ia menyampaikan, persiapan beberapa kegiatan dan kegiatan pendamping terus berprogres.


"Ada 98 kota se Indonesia yang jadi peserta. Jadi di dalam rakernas nanti juga akan ada kegiatan Indonesia City Expo (ICE) ke-20. Juga HUT APEKSI ke-24," beber Zulkifli, Rabu (24/04/2024).


Persiapan berjalan, Pemerintah Kota Balikpapan sebagai penyelenggara juga membagi tugas-tugas pada sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) pengampu yang terlibat. Delapan diantaranya adalah dinas, dan satu sekretariat daerah yang di bawahnya ada Bagian Kerjasama dan Perkotaan dan Bagian Umum.


"Nanti Bagian umum akan menjadi pengampun terkait kegiatan gala dinner. Sementara kami di Bagian Kerjasama dan Perkotaan akan mengampu terkait kegiatan sidang rakernas," imbuh Kepala Bagian Kerjasama dan Perkotaan Fakhrul Razji.


Selain itu ada beberapa agenda lainnya yang jadi rangkaian Rakernas APEKSI XVII nanti. Disporapar akan mengampu empat kegiatan. Yakni Youth City Changer, Pentas Seni, Senam Bersama dan City Tour.


Sementara DP3AKB akan mengampu kegiatan sarasehan Ladies Program. Ya itu kegiatan untuk para istri wali kota. Lalu Disdikbud akan mengampu pelaksanaan karnaval budaya. Juga Dinas Lingkungan Hidup yang akan mengampu kegiatan penanaman pohon.


"Ada juga Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian yang akan mengampu side event Indonesia City Expo (ICE). Nantinya kami juga akan dibantu diskominfo untuk dokumentasi, Satpol PP untuk keamanan, juga Dishub terkait perhubungan," bebernya.


Saat ini venue pelaksanaan kegiatan masih terus dibahas. Yang pasti untuk kegiatan Rakernas akan terpusat dilaksanakan di BSCC Dome. Untuk venue lain yang saat ini sudah pasti akan digunakan antara lain Hotel Novotel, Kampung Pasir, dan halaman Dome. Sementara untuk si fitur akan mengambil rute ke Pasar Pringgondani.


"Venue utama di Dome. Rangkaian lain adalah pelengkap yang justru akan menunjukkan kearifan lokal kita," imbuhnya.


Nantinya pada rangkaian kegiatan tersebut akan terlihat ciri khas daerah, dalam hal ini Kota Balikpapan.


Pemerintah Kota Balikpapan terus berkomunikasi dengan pihak-pihak yang nanti akan terdampak pada kegiatan industri. Diantaranya dengan berkomunikasi melalui Disporapar pada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).


"Jadi melalui pak Sugianto akan menyampaikan ini pada seluruh perhotelan dan restoran untuk kesiapan ini," jelasnya. Termasuk juga dari APEKSI pusat yang akan menyurati Angkasa Pura maupun maskapai untuk menambah penerbangan," katanya.


Selain itu panitia rakernas juga terus berkoordinasi dengan APEKSI Pusat. Beberapa kali sudah dilakukan rapat untuk persiapan kegiatan ini.


Leave a Comment