"> Onix News Portal | Home Page

Ada Ratusan Permohonan Pemasangan PJU, Dishub Targetkan Pemasangan 1.725 PJU Hingga Akhir Tahun

by admin on | 2023-12-29 14:40:16

Share: Whatsapp |


Ada Ratusan Permohonan Pemasangan PJU, Dishub Targetkan Pemasangan 1.725 PJU Hingga Akhir Tahun

Onix news, Balikpapan – Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra menyampaikan rencana Dinas Perhubungan memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) tahun ini ditargetkan 1.725 titik.


“Kami menargetkan sebanyak 1.725 PJU yang akan terpasang di Kota Balikpapan tahun 2023 ini,” kata Kepala Dishub Kota Balikpapan Adwar Skenda Putra.


Pria yang akrab disapa Edo ini menjelaskan, anggaran pemasangan PJU berasal dari berbagai sumber, diantaranya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan tahun 2023 sebesar Rp25 miliar. Kemudian ada juga bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak Rp 13 miliar.


“Jadi Kami telah melakukan pemasangan tiang PJU dan mengganti tiang lampu untuk kawasan Jalan Jenderal Sudirman maupun Jalan Marsma Iswahyudi, Jalan Soekarno Hatta Kilometer 13, kemudian Jalan Mulawarman dan Jalan Indrakila. Itu masih ditambah permohonan dari berbagai lingkungan tempat tinggal masyarakat yang mengajukan permohonan sejak tahun 2022. Totalnya hingga kini sebanyak 800 pemohon,” terangnya.


Edo menyampaikan, bahwa untuk lingkungan tempat tinggal masyarakat, tempat PJU untuk di atas jalan 4 meter, pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui penanggung jawab.


Pasalnya selain Dishub, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) bahkan kecamatan memiliki kewenangan yang sama. Hanya saja dengan klasifikasi berbeda yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.


“Kalau di atas jalan 4 meter masih bisa dicover. Untuk tahun ini permohonan warga untuk pemasangan PJU baru sudah tembus 300 pemohon. Tetapi kalau lampu mati sepanjang kendaraan operasional masuk kami akan ganti langsung,” tuturnya.


Dia menambahkan, tahun depan direncanakan pergantian tiang PJU untuk beberapa titik karena sudah mengalami keropos sehingga mudah roboh.


“Jadi kalau diganti, kami akan lihat juga dari estetikanya,” tambahnya.


Untuk diketahui, pemasangan PJU ini merupakan, program Balikpapan Terang yang diusung Dishub, sampai tahun 2022. Hingga saat ini telah memfasilitasi pemasangan PJU dengan total 15.841 titik. Tahun 2023, penuntasan program akan dilaksanakan dengan menambah dan mengubah beberapa PJU.


Leave a Comment