"> Onix News Portal | Home Page

Hardiknas, Menteri Berpesan Merdeka Belajar Bagian Dari Memajukan Pendidikan Di Indonesia

by admin on | 2024-05-07 16:49:13

Share: Whatsapp |


Hardiknas, Menteri Berpesan Merdeka Belajar Bagian Dari Memajukan Pendidikan Di Indonesia

Onix news, Balikpapan - Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dilaksanakan Pemerintah Kota Balikpapan, Kamis (02/05/2024) di Halaman Balaikota Balikpapan. Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Zulkifli bertugas sebagai inspektur upacara.


Sementara, pemimpin upacara adalah Muhammad Zacky Alanza dari SMK Negeri 5 Balikpapan.


Kegiatan ini diikuti guru se-Kota Balikpapan, gabungan pelajar jenjang PAUD hingga SMA, juga mahasiswa se-Balikpapan. Sementara pengibar bendera adalah pelajar Paskibraka Kota Balikpapan tahun 2023.


Dalam sambutannya, Zulkifli menyampaikan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Ia mengungkapkan, 5 tahun terakhir Kemendikbud Ristek menerapkan Merdeka Belajar.


"Semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan Pendidikan Indonesia. Bukan hal yang mudah dan untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran," ungkapnya.


Menurutnya membuat perubahan butuh perjuangan. Ada rasa tidak nyaman yang menyertai menuju setiap langkah perbaikan dan kemajuan. Saat ini perubahan sudah mulai dirasakan bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.


"Saya titipkan Merdeka belajar kepada anda semua para penggerak perubahan. Yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," ungkapnya membacakan sambutan. Ia juga mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional.


Pada upacara ini Pemerintah Kota Balikpapan juga menyerahkan penghargaan bagi sekolah-sekolah di Balikpapan, mulai dari tingkat PAUD hingga SMP. Dengan predikat sebagai sekolah penggerak dan sekolah idaman.


Selain itu juga diberikan penghargaan Satya Lencana kepada enam pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan. Juga telah diserahkan bantuan hibah oleh pemerintah kota Balikpapan kepada sejumlah rumah ibadah.


"Selamat udah pada seluruh penerima penghargaan. Semoga ini dapat menjadi motivasi untuk membangun pendidikan yang lebih berkualitas di kota Balikpapan," tandasnya.


Leave a Comment