"> Onix News Portal | Home Page

DPOP Balikpapan Gelar Pelatihan Sport Medicine, Bahas Ilmu Penanganan Cedera Olahraga

by admin on | 2024-04-25 00:40:06

Share: Whatsapp |


DPOP Balikpapan Gelar Pelatihan Sport Medicine, Bahas Ilmu Penanganan Cedera Olahraga

Onix news, Balikpapan - Sebanyak 100 peserta dari berbagai komunitas diantaranya Nasional Paralympic, Cabang Olahraga Se Kota Balikpapan termasuk Kelompok Kerja Guru (KKG) mengikuti Pelatihan Sport Medicine yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan pada Senin-Rabu (22-24/04/2024) di Hotel Horison Ultima Balikpapan.


Kepala DPOP Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan pelatihan Massage Fisioterapi yang dilaksanakan ini berkaitan dengan olahraga masyarakat maupun olahraga nasional paralympic.


“Saya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa berbagi ilmu pengetahuan, keterampilan yang dimiliki dalam mewadahi, membina atlet ini khususnya bagi penanganan cedera olahraga, sehingga para atlet ini bisa meraih prestasi tanpa ada kendala dan halangan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan Sport Medicine, Senin (22/04/2024).


Kota Balikpapan memiliki banyak atlet dan prestasi yang diraih pun banyak baik ditingkat nasional maupun internasional. Bahkan, Kota Balikpapan telah berhasil meraih panji keberhasilan pembangunan olahraga. Hal itu tidak terlepas dari seluruh stakeholder, para atlet, pelatih, wasit, juri dan lainnya yang terlibat dalam pembangunan olahraga.


Dalam kesempatan itu, Ratih meminta dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, agar pelatihan ini bisa terus berlanjut dan bisa terus didukung. Pasalnya, pelatihan ini sangat penting sehingga banyak sekali peminat yang ingin mengikuti pelatihan ini.


“Kami berharap bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berharap seluruh peserta bisa mempraktekkan, mengimplementasikan kepada seluruh cabang olahraganya. Mereka bisa memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit,” terangnya.


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Adamin Siregar, mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, saat membuka pelatihan ini berharap para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya dalam bidang sport medicine.


Sehingga para peserta dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada para atlet, baik dalam pencegahan cedera, rehabilitasi maupun pemulihan pasca cedera.


“Saya memberikan apresiasi atas inovasi dan upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kota Balikpapan,” ungkapnya.


Dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini, para peserta dapat berkontribusi dalam meningkatkan prestasi para atlet Kota Balikpapan, di berbagai ajang pertandingan.


“Saya mengajak semua pihak berkolaborasi dan bersinergi dalam semangat kebersamaan dan saling mendukung, untuk meningkatkan prestasi olahraga kita,” ajaknya.


Pelatihan ini menghadirkan narasumber Asep Aziz yang akan memberikan pengetahuan terkait Sport Medicine.


Leave a Comment