"> Onix News Portal | Home Page

Astra Motor Kaltim 1 Adakan Honda Community Safety Riding Competition Regional 2024

by admin on | 2024-04-22 13:29:52

Share: Whatsapp |


Astra Motor Kaltim 1 Adakan Honda Community Safety Riding Competition Regional 2024

Onix News, Balikpapan - Bertempat di Lapangan Tennis Indoor Balikpapan, Astra Motor Kaltim 1 selaku Main Dealer resmi sepeda motor Honda khusus wilayah Balikpapan,  PPU, Paser, Berau dan Kaltara telah sukses menggelar Safety Riding Competition Regional 2024 minggu (21/04).

Adapun peserta yang ikut dalam kompetisi ini merupakan perwakilan masing-masing komunitas sepeda motor Honda di Balikpapan dan terpilih 64 bikers terbaik yang unjuk kebolehan di Lapangan Tennis Indoor Balikpapan yang sudah di atur penuh dengan tantangan oleh panitia penyelenggara. 64 bikers Honda yang bernaung dibawah Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 ini bersaing memperebutkan podium 1 untuk mendapatkan tiket kompetisi Safety Riding Nasional.

Kompetisi kali ini semakin menantang adrenaline para bikers. Pasalnya, motor Honda yang digunakan dalam kompetisi ini yaitu All New CB150R Streetfire yang memiliki mesin bertenaga tinggi namun tetap nyaman serta stabil ketika dikendarai para peserta. Pada sesi pertama kompetisi para peserta dihadapkan pada penilaian Narrow Plank. Area Plank Riding ini adalah area dimana para peserta wajib berjalan diatas papan dengan kecepatan yang sangat rendah, namun ban motor dilarang terjatuh dari atas papan besi. Selain menguji keseimbangan para peserta ketika diatas motor, juri juga menilai aspek gestur berkendara bikers seperti pandangan mata, posisi bahu/pundak, siku, tangan, pinggul, lutut & kaki.

Setelah sesi Narrow Plank sudah dihadapi para peserta, mereka melanjutkan perjuangan dikompetisi ini dengan menjajal area Slalom Course. Aspek yang dinilai pada sesi ini adalah catatan waktu peserta yang paling cepat tanpa menyentuh rintangan (Safety Cone) yang disusun oleh panitia dan peserta melewati rintangan tersebut secara zig-zag bolak-balik. Tujuannya adalah bagaimana biker bisa mengerti serta memahami pola buka-tutup gas & meng-handle stang kemudi sepeda motor dengan rileks. Di sesi terakhir, para peserta menjalani penilaian di Slalom Course. Kembali di area ini, peserta dihadapkan dengan rintangan (Safety Cone). Berbeda dengan sesi Slalom Course yang rintangannya disusun secara lurus, kali ini di area Slalom Corse rintangan dibuat menyebar seperti membentuk jalur dan para peserta wajib menghafal jalur tersebut.

Dari semua sesi yang telah diikuti, maka diperoleh 3 pemenang pada kompetisi Regional tahun 2024 kali ini, yaitu podium Kategori Sport (Cowok) Muhammad Iqbal dan Edy, Kategori Matic (Cewek) yaitu Adinda Matthew Poetera Sah selaku Manager Marketing Astra Motor Kaltim 1 mengapresiasi antusiasme para peserta di kompetisi Safety Riding Advisor Community mengucapkan selamat atas keberhasilan para pemenang.

“Kami sangat mengapresiasi kemampuan berkendara para bikers binaan Astra Motor yang senantiasa berlatih dan dengan semangat serta antusias mengikuti kompetisi ini juga selamat kami ucapkan bagi para pemenang dengan performa berkendara terbaik di tiap arena tantangan, semoga skill safety riding ini dapat terus di terapkan dan ditularkan kepada masyarakat sekitar untuk keamanan serta keselamatan berlalu lintas yang lebih baik lagi khususnya di kota Balikpapan”. Ungkapnya.

Rissang Ferisandy selaku Safety Riding instructor Astra Motor Kaltim 1 mengatakan pihaknya menargetkan peserta untuk meraih posisi 3 terbaik pada kompetisi Safety Riding nasional bulan mendatang yang merupakan ajang bergengsi tahunan Honda.


Leave a Comment