"> Onix News Portal | Home Page

Periode Lebaran Sampah di Balikpapan Capai 804 Ton Perhari, 85 Persen Sampah Rumah Tangga

by admin on | 2024-04-20 09:32:12

Share: Whatsapp |


Periode Lebaran Sampah di Balikpapan Capai 804 Ton Perhari, 85 Persen Sampah Rumah Tangga

Onix news, Balikpapan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana menyampaikan volume sampah di Kota Balikpapan mengalami peningkatan khususnya saat Ramadhan 1445 Hijriah hingga H-1 jelang Lebaran.


Selama periode tersebut volume sampah di Kota Balikpapan mencapai hingga 500 ton per harinya, dibandingkan volume sampah pada hari biasanya yang sebanyak 380 - 450 ton perhari. Bahkan pada H-1 Lebaran DLH menyebut volume sampah bahkan mencapai angka 804 ton per hari.


“Peningkatan itu hingga dua kali lipat sehari jelang Lebaran. 804 ton itu paling banyak sampah itu dari sampah rumah tangga 85 persen. 15 persennya dari rumah makan” ujar Sudirman.


Sudirman menjelaskan akibat kenaikan volume sampah tersebut, maka petugas DLH di Kota Balikpapan harus bekerja lebih keras, bila saat normal hanya dua kali truk sampah melakukan pengangkutan, namun saat Ramadhan tiga hingga empat kali dalam sehari.


“Maka wajar bila melihat petugas kami yang menggunakan truk sampah masih berkeliaran di siang hari,” tambah Sudirman.


Di sisi lain, Sudirman mengemukakan  DLH Kota Balikpapan juga sudah melakukan pengoperasian truk pengangkut sampah sesuai dengan jadwal yang terbagi tiga  waktu. Ke tiga waktu tersebut adalah dari pukul 21.00-05.00 WITA  diangkut menggunakan truk biasa dan truk kontainer. Kemudian dilanjutkan pukul 05.00-07.00 WITA diangkut menggunakan mobil gelanggang yang punya bak penampungan.


“Selanjutnya mulai pukul 07.00-10.00 WITA  ada namanya unit satgas sisir yang bertugas menyisir TPS yang masih ada sampahnya,” tambahnya.


Leave a Comment