"> Onix News Portal | Home Page

Tanggapi Kabar Rencana Penggantian Seragam Sekolah, Disdikbud Sampaikan Tak Ada Perubahan

by admin on | 2024-04-20 09:24:45

Share: Whatsapp |


Tanggapi Kabar Rencana Penggantian Seragam Sekolah, Disdikbud Sampaikan Tak Ada Perubahan

Onix news, Balikpapan - Menanggapi kabar akan adanya penggantian seragam sekolah bagi peserta didik, mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik menegaskan tidak ada perubahan seragam sekolah.


Irfan mengatakan sejauh ini penggunaan seragam sekolah masih tetap mengacu pada Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.


“Penggunaan seragam nasional itu sudah diatur dalam peraturan Menteri. Peraturan itu sudah lama dikeluarkan, dan tidak ada yang berubah,” ucap Irfan.


Seragam sekolah masih tetap seperti biasanya. Seragam nasional untuk jenjang sekolah dasar (SD) ialah bawahan merah dan baju putih. Sementara untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) mengenakan atasan putih dan bawahan biru.


Selain jenis seragam tersebut, Irfan menambahkan ada penambahan baju adat yang merujuk dari ketentuan masing-masing sekolah.


“Khusus penggunaan baju adat hanya dipakai dalam momen tertentu. Misalnya seperti memperingati Hari Pendidikan Nasional dan lain peringatan hari besar lainnya,” ujarnya.


Dirinya pun mengimbau kepada para orang tua peserta didik untuk tidak ikut panik, dan tidak perlu membeli seragam sekolah baru karena penggunaan seragam masih sama. Mulai dari seragam Nasional maupun seragam pramuka.


“Jadi tidak ada pengaruh apa-apa dengan program Wali Kota Balikpapan terkait seragam sekolah gratis. Semua masih sama, dan tidak ada perubahan,” tambahnya.


Leave a Comment