"> Onix News Portal | Home Page

BPBD Balikpapan Catat Pasca Lebaran Terjadi Lima Kali Kebakaran Lahan

by admin on | 2024-04-16 16:58:39

Share: Whatsapp |


BPBD Balikpapan Catat Pasca Lebaran Terjadi Lima Kali Kebakaran Lahan

Onix news, Balikpapan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mencatat setidaknya pasca Idul Fitri 2024 per Selasa (16/04/2024) telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Balikpapan sebanyak lima kejadian kebakaran terjadi secara berturut-turut.


Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali membenarkan kejadian kebakaran lahan yang terjadi selama beberapa hari terakhir di Balikpapan. Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi beberapa hari terakhir kebanyakan terjadi di kawasan Balikpapan Utara, Balikpapan Timur dan sebagian di Balikpapan Selatan.


“Hari ini ada 1 lokasi lahan lagi yang terbakar, untuk lokasi yang terbakar ini lahan kosong atau semak belukar. Kawasan Daksa ini paling sering terjadi kebakaran lahan, sama di kawasan kilometer 8 bagian dalam. Yang terbakar rata rata lahan kosong, bukan di perumahannya,” kata Usman Ali, Selasa (16/04/2024).


Usman menambahkan, pihaknya tak dapat memastikan isu dugaan adanya unsur kesengajaan pembakaran lahan. Hal itu karena tim pemadam tiba di lokasi kebakaran tak menemukan satupun orang di lokasi kebakaran.


“Sampai saat ini belum ada temuan, artinya saat tim tiba di lokasi kebakaran, kami tidak menemukan siapa-siapa di sana, hanya ada lahan kosong yang terbakar,” jelasnya.


Meski demikian, Usman memastikan bila nantinya ditemukan ada unsur-unsur kesengajaan pembakaran lahan. Pihaknya, akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk penanganannya.


Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar segera berkoordinasi kepada BPBD maupun petugas setempat, bila menemukan kejadian kebakaran lahan di sekitar pemukimannya. Upaya itu untuk meminimalisir kejadian kebakaran meluas hingga ke pemukiman warga.


Leave a Comment