"> Onix News Portal | Home Page

Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Capai 22 Ribu

by admin on | 2024-04-16 16:56:45

Share: Whatsapp |


Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Jumlah Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Capai 22 Ribu

Onix news, Balikpapan - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dipadati pengunjung arus balik lebaran, Senin (15/04/2024). General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab menyampaikan puncak arus mudik balik terjadi pada Senin.


“Kemarin itu ada 20.498 penumpang, dan diperkirakan yang paling tinggi arus datang dan berangkat itu hari ini (Senin), 22 ribu penumpang kita estimasi. Setengah jam lalu, itu saja sudah hampir lima ribu penumpang untuk berangkat,” ujar Syaugi, Senin (15/04/2024).


Menurut Syaugi, lonjakan penumpang arus mudik balik tersebut menjadi catatan baru sepanjang sejarah.


“Kalau sudah di atas 20 ribu penumpang itu artinya jadi sejarah tertinggi,” ujarnya.


Selain itu, ia mengungkapkan bahwa ada penerbangan tambahan selama Ramadan sebanyak 17 extra flight atau penerbangan tambahan.


Ia menjelaskan rute penerbangan terbanyak dalam arus balik tahun 2024 adalah dari Bandara Juanda Kota Surabaya, Jawa Timur dan Bandara Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Sulawesi Selatan serta Bandara Internasional Yogyakarta, serta dari Kota Surakarta Jawa tengah.


“Ini yang agak nambah dikit Jogja, tapi yang paling tinggi Jakarta, Surabaya dan Makassar. Tadi malam kalau tidak salah ada sembilan penerbangan tambahan,” tuturnya.


Menurutnya lonjakan penumpang tidak menutup kemungkinan juga merupakan dampak banyaknya pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mudik ke kampung halaman.


“Untuk hari ini (Senin) juga ada extra flight, dari Jogja kemarin ada 18 dikali sembilan flight,” tambahnya.


Leave a Comment