"> Onix News Portal | Home Page

Siap Siaga, Posko Kesehatan Pantai Manggar Segara Sari Tangani Berbagai Kasus Pengunjung

by admin on | 2024-04-16 07:42:20

Share: Whatsapp |


Siap Siaga, Posko Kesehatan Pantai Manggar Segara Sari Tangani Berbagai Kasus Pengunjung

Onix news, Balikpapan - Klinik Kesehatan Pantai Manggar Segara Sari akan selalu siaga dalam penanganan pertama bagi pengunjung yang sakit atau kondisi membahayakan manusia. Klinik kesehatan tersebut jadi satu posko dengan teknisi di samping rumah informasi pintu masuk.


Di posko terdapat beberapa petugas gabungan terjaga, baik dari Dinas Kesehatan (Dinkes) maupun stakeholder lainnya serta terdapat mobil ambulans yang tersedia.


Salah seorang petugas teknisi yang berjaga, Fandi mengaku posko kesehatan ini dibuka saat Idulfitri sampai tujuh hari setelahnya.


“Dari H1 sampai sekarang ini ada beberapa kejadian, yaitu pengunjung anak-anak terkena karang, ubur-ubur dan ada ibu-ibu mengalami sesak napas kemarin," ucap Fandi, Minggu (14/04/2024).


Dikatakannya, ibu yang sesak napas tersebut bukan terjadi karena di pantai, namun karena penyakit bawaan yang terjadi saat kondisi macet kendaraan karena padatnya pengunjung. Sabtu (13/04/2024) diketahui jumlah pengunjung mencapai 10.294 orang, belum hitungan jumlah kendaraan.


“Tim media kami di sini ada dari pihak Puskesmas, kesehatan Polri, saat kejadian tim penjaga pantai kami dan petugas emergency berhasil menanggulangi. Kemudian dirujuk ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat,” ujarnya.


Begitu juga dengan seorang anak yang terkena sengatan ubur-ubur, dikatakannya, juga dirujuk ke rumah sakit karena sengatan ubur-ubur terkena di mata.


“Terkena di mata karena posisinya mereka main lempar-lemparan ubur-ubur sehingga terkena di mata. Penanggulangan pertama di posko klinik kesehatan dengan mencuci mata pakai Natrium klorida (NaCL) yang berfungsi sebagai pembersih luka. Setelah agak kurang perihnya, baru kita suruh rujuk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.


Selain itu untuk gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Bhabinkamtibmas Kelurahan Manggar, Aipda Edi Wahyudi memastikan masih aman.


“Situasinya masih aman dan kondusif sampai sekarang,” kata Aipda Edi, anggota pos pengamanan Ops Ketupat Mahakam 2024 Pantai Manggar Segara Sari ini.


Hanya saja, diakuinya, kemacetan kendaraan pengunjung yang datang begitu padat. Sehingga untuk mengantisipasinya, petugas gabungan melakukan penutupan sementara. Setelah longgar pintu masuk dibuka kembali.


“Jadi kita buka tutup sementara saja, ketika longgar kita buka kembali. Untuk jalurnya kita juga bikin satu jalur, pintu keluarnya di arah timur, Jalan Dandito,” tambahnya.


Leave a Comment