"> Onix News Portal | Home Page

Prakoso Dilantik Sebagai Ketua Baru KPU Balikpapan, Membawa Semangat Baru dalam Penyelenggaraan Pemilihan

by admin on | 2024-03-29 13:48:27

Share: Whatsapp |


Prakoso Dilantik Sebagai Ketua Baru KPU Balikpapan, Membawa Semangat Baru dalam Penyelenggaraan Pemilihan

Onix News, Balikpapan-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan mengalami perubahan kepemimpinan dengan dilantiknya Prakoso Yudho Lelono sebagai Ketua baru untuk periode 2024-2029.


Prakoso dilantik bersama 4 anggota Komisioner lainnya yaitu Farida Asmaunna, Muhammad Rizal, Suhardy, dan Makta setelah melalui proses penetapan dan pelantikan komisioner tingkat kabupaten dan kota seluruh Indonesia, oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), di Jakarta, pada Minggu 24 Maret 2024.


Saat ditemui di ruang kantornya, pria kelahiran Balikpapan tahun 1981 ini, bercerita saat kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2007 pernah bekerja menjadi jurnalis kurang lebih selama 1 tahun untuk memenuhi kebutuhan hidup semasa kuliah.


"Di pertengahan semester saya sudah nyambi jadi wartawan, terus nyambi jadi kontributor baik itu koran mingguan," kata Prakoso.


Selain aktif sebagai jurnalis, ternyata dirinya juga aktif disalah satu LSM Jerit (jaringan rakyat tertindas) di Surabaya yang berfokus pada advokasi dan juga beraktivitas di Lembaga Kajian Survei Nusantara (Laksnu) sebagai surveyor atas kepercayaan dari temannya, yang awalnya membawahi 3 kota hingga membawahi Provinsi Jatim, Bali, NTB dan NTT.


Setelah menyelesaikan studinya, Prakoso kembali ke kampung halaman di Balikpapan pada tahun 2010 dan kembali aktif di beberapa  organisasi keagamaan, karena ini merupakan salah satu hobinya yang sudah tertanam sejak SMP.


"Yang terakhir saya di sekretaris MUI kota Balikpapan, bidang hubungan antar umat beragama," jelasnya.


Ditanya terkait motivasi dirinya ikut mencalonkan diri sebagai Komisioner KPU, dikarenakan hobi berorganisasi sejak sekolah hingga kuliah dan berlanjut hingga sekarang.




"Yang memotivasi itu ingin mengawal demokrasi yang ada di Kota Balikpapan dan mengabdikan diri terhadap Balikpapan," katanya.


Dalam masa kepemimpinannya kedepan ada 3 hal yang disampaikan kepada para Komisioner dan sudah saling sepakat, dengan latar belakang yang berbeda, di KPU sudah menjadi satu organ tubuh yang mana satu dengan yang lain tidak dapat terpisahkan.


"Karena kedepan harapannya adalah 3 hal, solid, amanat dan bermanfaat. Solid di internal, satu dengan lainnya saling mendukung dan menopang. Amanah, mampu mengemban amanah dan tanggungjawab sesuai tugas pokok fungsinya di masing-masing divisi," jelasnya.


Adapun yang ketiga Bermanfaat, dirinya mengajak Komisioner untuk mengabdikan diri untuk mengawal demokrasi di Balikpapan dan berharap bisa melakukan yang terbaik dan bisa bermanfaat untuk masyarakat.


"Ketika pengawalan demokrasi pemilu itu berjalan baik dan menghasilkan pemimpin yang baik pasti pemimpin yang baik menelurkan kebijakan-kebijakan yang baik buat masyarakat Balikpapan," jelas Prakoso.


Leave a Comment