"> Onix News Portal | Home Page

Pertengahan Ramadhan Arus Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Normal, Jelang Lebaran Diprediksi Akan Capai 21 Ribu Penumpang

by admin on | 2024-03-28 15:29:48 Last Updated by admin on2024-04-27 14:36:48

Share: Whatsapp |


Pertengahan Ramadhan Arus Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Normal, Jelang Lebaran Diprediksi Akan Capai 21 Ribu Penumpang

Pertengahan Ramadhan Arus Penumpang Bandara SAMS Sepinggan Normal, Jelang Lebaran Diprediksi Akan Capai 21 Ribu Penumpang


Onix news, Balikpapan – Menjelang musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab mengatakan bahwa saat ini jumlah penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan masih terbilang normal.


Meski begitu, Syaugi memastikan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, tengah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan arus penumpang saat musim mudik Lebaran tahun 2024. 21 ribu lebih penumpang diprediksi bakal melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.


“Masih dalam kisaran normal dengan jumlah penumpang berkisar antara 7 ribu hingga 11 ribu per hari. Prediksinya lonjakan penumpang baru akan terjadi pada peak season (musim puncak) mudik Lebaran 2024,” ujar Syaugi saat diwawancarai usai buka puasa bersama media, Selasa (26/03/2024).


Syaugi menuturkan perkiraan puncak arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diperkirakan akan terjadi antara tanggal 5 hingga 8 April 2024, sementara untuk arus balik diperkirakan pada tanggal 13 hingga 15 April 2024.


“Diperkirakan jumlah penumpang akan mencapai angka 20 ribu hingga 21 ribu, sebuah lonjakan yang perlu diantisipasi dengan baik tentunya,” ungkapnya.


PT Angkasa Pura I juga telah berkoordinasi dengan berbagai maskapai untuk mengantisipasi lonjakan ini. Beberapa maskapai, seperti Citilink, Super Air Jet, dan Garuda Indonesia, telah mengajukan tambahan penerbangan atau extra flight guna mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang.


Selain itu, pihak bandara juga telah mengimbau maskapai untuk mempersiapkan tambahan petugas pemeriksaan bagasi agar tidak terjadi penumpukan di area pelaporan atau check-in counter.


“Dengan penambahan ini, diharapkan waktu respons dapat dipercepat sehingga pelayanan kepada penumpang tetap optimal,” ujarnya.


Tidak hanya itu, PT Angkasa Pura I juga mengklaim telah melakukan berbagai peningkatan fasilitas di Bandara SAMS Sepinggan. Mulai dari peningkatan tampilan kawasan parkir, pengaturan pick up zone, hingga peningkatan pencahayaan dan fasilitas musala.


Fasilitas lainnya seperti toilet dan tenant di area mal juga telah ditingkatkan menjadi standar bintang empat, menurutnya, upaya ini dilakukan demi memberikan kenyamanan maksimal bagi pengguna bandara.


Leave a Comment