"> Onix News Portal | Home Page

Dukung UMKM Tumbuh dan Berkembang, Bea Cukai Balikpapan Lakukan Inovasi Layanan Pembuatan Profil dan Foto Produk

by admin on | 2024-03-28 15:10:08

Share: Whatsapp |


Dukung UMKM Tumbuh dan Berkembang, Bea Cukai Balikpapan Lakukan Inovasi Layanan Pembuatan Profil dan Foto Produk

Onix News, Balikpapan - Bea Cukai Balikpapan mengadakan sebuah program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas UMKM dengan menyediakan layanan pembuatan profil UMKM dalam dua bahasa dan foto produk secara gratis.


Program pembuatan profil dan foto produk gratis yang dimulai pada bulan Februari 2024 ini telah menjadi langkah penting dalam upaya Bea Cukai Balikpapan untuk memberikan dukungan secara nyata kepada pelaku UMKM lokal.


Dalam program ini, UMKM memperoleh manfaat berupa layanan pembuatan profil dan foto produk profesional secara gratis, yang diharapkan akan meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk mereka di pasar lokal maupun internasional.


Dalam upaya untuk memperluas cakupan program dan memberikan dukungan lebih lanjut kepada UMKM, Bea Cukai Balikpapan berkolaborasi dengan Rumah BUMN Balikpapan.


Bertempat di kantor Rumah BUMN, dilakukan pertemuan dengan Forum UMKM Balikpapan Selatan dan UMKM binaan Rumah BUMN.




Pada kesempatan ini, Bea Cukai Balikpapan memaparkan mengenai detail program layanan pembuatan profil dan foto produk gratis ini kepada para pelaku UMKM.


Selain itu, dilakukan penyerahan produk UMKM yang akan dikutsertakan dalam program ini.


Kepala Kantor Bea Cukai Balikpapan, Raden Muhamad Agus Ekawidjaja, menyatakan, pihaknya melihat respon positif dari UMKM terhadap program foto produk sebagai bukti bahwa dukungan semacam ini sangat dibutuhkan dan dihargai 

oleh komunitas UMKM lokal.


"Dengan menggandeng Rumah BUMN Balikpapan, kami yakin program ini akan semakin efektif dalam membantu UMKM mencapai potensi penuh mereka," jelas Raden Muhamad.


Ketua Forum UMKM Balikpapan Selatan, Endah Tri Hapsari, juga menyambut baik program yang dilaksanakan oleh Bea Cukai ini.


"Kami sangat senang dengan adanya program ini yang merupakan bukti nyata dukungan kepada UMKM, mengingat biaya foto produk profesional tidak murah," kata Endah.


"Untuk satu kali sesi foto produk bisa dikenakan biaya Rp 500.000,00 sampai Rp 1.000.000,00. Selain itu, kami selama ini juga kesulitan untuk menyusun kata untuk mempromosikan produk kami. Jadi program pembuatan profil produk ini sangat penting, terlebih dibuatkan dalam Bahasa Inggris," jelasnya.


Kolaborasi antara Bea Cukai Balikpapan dan Rumah BUMN Balikpapan ini menandai langkah maju yang signifikan dalam mendukung UMKM lokal.


Dengan upaya bersama ini, UMKM Balikpapan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang, serta menjadi pemain yang lebih kuat dalam perekonomian lokal dan nasional.


Leave a Comment