"> Onix News Portal | Home Page

Pasar Murah Ramadhan Idul Fitri di Halaman Pasar Inpres Dibuka 3 Hari, Wali Kota Pastikan Harga Murah Kualitas Baik

by admin on | 2024-03-27 08:02:30

Share: Whatsapp |


Pasar Murah Ramadhan Idul Fitri di Halaman Pasar Inpres Dibuka 3 Hari, Wali Kota Pastikan Harga Murah Kualitas Baik

Onix news, Balikpapan - Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud meresmikan Pasar Murah Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi yang diselenggarakan di halaman parkir Pasar Inpres, Jalan Letjen Soeprapto, Selasa (26/03/2024).


Pasar Ramadan di Pasar Inpres ini akan berlangsung pada 26-28 Maret 2024. Pasar Murah dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan warga dalam menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), atas inisiatif dan kolaborasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) yang terdiri dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, dalam hal ini Dinas Perdagangan (Disdag) bersama Bank Indonesia (BI) dan Bankaltimtara.


Terdapat 20 tenant, berbagai barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng hingga LPG ditawarkan di Pasar Murah. Bankaltimtara juga menyediakan armada kas keliling yang melayani penukaran uang.




Kepala Disdag Kota Balikpapan Haemusri Umar mengatakan, kegiatan ini wujud peduli dan upaya menjaga stabilitas harga, stok barang pokok dan barang penting menjelang Idul Fitri.


“Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada BI telah memberikan subsidi dan telah meyakinkan kepada distributor untuk menurunkan harga menjadi HET (Harga Eceran Tertinggi),” ujar Haemusri Umar.


Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Kota Balikpapan Robi Ariadi menyebut, program Pasar Murah menjadi upaya untuk mengendalikan inflasi.


Dalam hal ini BI memberikan bantuan ongkos transportasi dari gudang distributor maupun gudang Bulog, menuju Pasar Murah sehingga harga yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih murah.


“Jadi saya mau klarifikasi, kami bukan subsidi tapi dalam rangka memberikan biaya transportasi saja jadi dari gudang distributor, dari gudang Bulog kami bawa ke sini. Sehingga harga-harga menjadi terjangkau,” ungkap Robi.


Misalnya harga daging sapi yang jika di Pasaran secara umum harganya saat ini mencapai Rp 125.000/kg namun di Pasar Murah dijual seharga Rp 115.000/kg, selain itu ada beras bulog yang biasanya dibandrol Rp 57.500/5kg dijual seharga Rp 51.500/5kg.




Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.


“Dengan mengucap Bismillah, saya buka Pasar Murah ini secara resmi,” katanya.


Ia juga menyampaikan bahwa keberadaan Pasar Murah ini adalah agar masyarakat dapat berbelanja dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang baik. Ia juga mengingatkan agar tidak ada panic buying atau aji mumpung berbelanja untuk menimbun barang, apalagi di Pasar Murah ini ada komoditi yang pembeliannya dibatasi, seperti beras.


Leave a Comment