"> Onix News Portal | Home Page

Rapat Pleno KPU Balikpapan Selesai, Tetapkan Hasil Perolehan Suara

by admin on | 2024-03-05 08:23:59

Share: Whatsapp |


Rapat Pleno KPU Balikpapan Selesai, Tetapkan Hasil Perolehan Suara


Balikpapan - Rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan telah berhasil diselenggarakan pada Senin sore (4/3/2024) di Hotel Novotel.


Rapat yang dipimpin oleh Ketua KPU Balikpapan, Noor Toha, menetapkan hasil perolehan suara sebagai bagian dari tahapan rekapitulasi pemilihan, bukan penetapan calon terpilih.


Rapat ini merupakan tahap penting dalam proses rekapitulasi suara Pemilu di tingkat kota. Anggota KPU Balikpapan bersama dengan para stakeholder melakukan peninjauan dan pembahasan terhadap hasil penghitungan suara sebelumnya.


Noor Toha menjelaskan bahwa penetapan calon terpilih akan dilakukan setelah MK menetapkan tidak ada gugatan dari peserta Pemilu.


"3 hari setelah MK menerbitkan tidak ada gugatan maka langsung kita tetapkan, akan tetapi kalau peserta pemilu ada yang menggugat ke MK maka nunggu keputusan MK," jelasnya.


Rapat pleno ini dihadiri oleh anggota KPU Balikpapan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan partai politik, saksi-saksi, dan media massa yang memantau proses pleno.


Dengan selesainya rapat pleno, KPU Balikpapan akan melanjutkan dengan menyusun laporan resmi hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat kota.


Laporan tersebut akan diteruskan ke KPU Provinsi untuk dilakukan rapat pleno tingkat Provinsi, dan selanjutnya akan diajukan ke tingkat nasional untuk ditetapkan secara nasional.



Adapun hasil perolehan suara Pemilu legislatif untuk DPRD Kota Balikpapan dengan perolehan suara 3 tertinggi sebagai berikut, Dapil 1 Balikapan Kota yaitu Doris Eko Rian dari Golkar dengan perolehan 6.546 suara, kedua Fadilah dari Golkar dengan jumlah 5.919 suara, dan yang ketiga Haris dari PDIP dengan 4.312 suara.


Selanjutnya dari Dapil 2 Balikpapan Tengah, pertama Andi Arif Agung dari Golkar dengan perolehan 7.864 suara, kedua Suwanto dari PDIP dengan 3.067 suara, ketiga Aminudin dari Gerindra dengan 2.957 suara.


Selanjutnya perolehan suara dari Dapil 3 Balikpapan Barat, urutan pertama Alwi Alqadri dari Golkar dengan 10.156 suara, kedua Taufiq Qulrahman dari PKB dengan 5.886 suara, ketiga Rahmatia dari Gerindra dengan 5.015 suara.


Selanjutnya hasil dari Dapil 4 Balikpapan Utara, yang pertama Fauzi Adi Firmansyah dari Golkar degan perolehan 9.193 suara, kedua Yusdiana dari Nasdem dengan perolehan 7.196 suara dan ketiga Riyan Indra dari Golkar dengan perolehan 4.616 suara.


Selanjutnya hasil rekapitulasi Dapil 5 Balikpapan Timur, yang pertama Gasali dari Golkar dengan perolehan 9.572 suara, kedua Subari dari Golkar dengan perolehan 4.983 suara, ketiga Suriani dari Golkar dengan perolehan 4.882 suara.


Selanjutnya hasil rekapitulasi Dapil 6 Balikpapan Selatan, pertama Yusri dari Golkar dengan perolehan 4.762 suara, kedua Mieke dari Demokrat dengan 4.079 suara, dan ketiga Yono Suherman dengan dari Nasdem dengan perolehan 3.794 suara.


Leave a Comment