"> Onix News Portal | Home Page

APEKSI Meluncurkan ICE ke-20 Menjelang Rakernas XVII di Balikpapan

by admin on | 2024-03-02 07:30:42

Share: Whatsapp |


APEKSI Meluncurkan ICE ke-20 Menjelang Rakernas XVII di Balikpapan

Balikpapan - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Pemerintah Kota Balikpapan menggelar peluncuran Indonesia City Expo (ICE) ke-20 di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, pada Kamis (29/2/24).


Dalam acara ini yang dihadiri para Walikota dan perwakilan dari berbagai kota di Indonesia juga termasuk pengundian nomor untuk Pawai Budaya.


Hadir dalam acara tersebut adalah Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, dan Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang merupakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.


Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk ICE ke-20 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI XVII tahun 2024.


Dengan tema "Kota Sejahtera, Indonesia Maju," seluruh rangkaian acara Rakernas APEKSI XVII tahun 2024 akan berlangsung pada 3-6 Juni 2024 mendatang.


Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam menyatakan bahwa acara ini bertepatan dengan masa transisi. Dia berharap pejabat pemerintah, termasuk Menteri Dalam Negeri, akan hadir dalam acara APEKSI untuk memfasilitasi upaya advokasi kebijakan yang lebih lancar.


"Sehingga membuat kita lebih lancar lagi dalam advokasi kebijakan," kata Alwis.


ICE dan Rakernas APEKSI akan menggabungkan suasana formal dan informal. Akan ada sesi berbagi dan advokasi kebijakan, seperti yang dilakukan dengan ketiga calon presiden pada Rakernas APEKSI tahun lalu di Makassar.


"Bahkan sekarang ada terobosan dari ketua bahwa APEKSI tidak hanya bersurat maupun pada presiden dan kementerian, tetapi juga memberikan contoh dengan membuat dan bahan advokasi yang kuat di APEKSI, sehingga kementerian bisa mencontoh," bebernya.


Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menekankan bahwa acara ICE dan Rakernas APEKSI sedang disempurnakan untuk bermanfaat bagi daerah-daerah lain juga.


"Kami ingin APEKSI ini untuk negeri," ujar Eri.


Dia menyebutkan bahwa setiap kota di Indonesia memiliki keunggulan masing-masing. "Kelebihan yang ada bisa kita satukan lewat APEKSI," jelasnya.


Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, sebagai tuan rumah, menyoroti peran strategis Balikpapan karena dekat dengan proyek strategis nasional yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN), sebuah mega proyek pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.


Melalui Rakernas APEKSI XVII, dia berharap para peserta tidak hanya membahas masalah sektoral dalam asosiasi, tetapi juga berkolaborasi untuk mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur.


Salah satu aspek dari kolaborasi ini adalah mengatasi kebutuhan Balikpapan, yang kekurangan sumber pangan pokok seperti beras, daging, dan sayuran.


"Rata-rata, bahan pokok didatangkan dari luar daerah, seperti Jawa dan Sulawesi. Kami  99,9 persen berasnya mendatangkan dari luar. Disinilah letak pentingnya kolaborasi dengan kota lain untuk menyukseskan pembangunan IKN," kata Rahmad.


ICE ke-20 akan menampung 150 stan pameran, 10 food truck, 40 stan kuliner UMKM, dan 20 stan pameran UMKM. Seluruh acara akan berlangsung di kawasan BSCC Dome Kota Balikpapan.


Rangkaian acara tersebut meliputi Gala Dinner dan Rakernas, Indonesia City Expo, Pertunjukan Seni Budaya Nusantara, dan Pawai Budaya.


Leave a Comment