"> Onix News Portal | Home Page

Hanya Terjadi 1 PSU, KPU Balikpapan Suplai Surat Suara ke Sejumlah Daerah di Kaltim

by admin on | 2024-03-01 16:44:28

Share: Whatsapp |


Hanya Terjadi 1 PSU, KPU Balikpapan Suplai Surat Suara ke Sejumlah Daerah di Kaltim

Onix news, Balikpapan – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan KPU Balikpapan menyuplai sejumlah surat suara untuk daerah yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kalimantan Timur.


“Surat suara di Balikpapan yang dibutuhkan hanya 265 dari total 1000 surat suara yang disediakan untuk masing-masing tingkatan,” kata Noor Thoha, Sabtu (24/02/2024).


Thoha mengatakan untuk di Kota Balikpapan, PSU dilakukan di TPS 31 RT 22 Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan. PSU itu dilakukan lantaran ada satu pemilih yang berasal dari luar daerah dan menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut meski tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).


Kondisi ini pun dinilai Thoha sebagai bentuk kelalaian paripurna para petugas penyelenggara Pemilu di TPS tersebut.


“Ada 7 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta pengawas TPS, seharusnya mereka memahami setiap Bimbingan Teknis (Bimtek), padahal kami ulang-ulang itu jangan sampai ada kelalaian terjadi,” ungkapnya.


Dia sempat menanyakan kepada petugas di TPS 31 terkait lolosnya satu orang memiliki KTP luar Provinsi dan tidak terdaftar di DPT maupun DPTb. Dan berpesan agar hal serupa tidak terjadi lagi.


Leave a Comment