"> Onix News Portal | Home Page

Pantau PSU di Balikpapan, Bawaslu Kaltim Sebut Bukan Hanya Balikpapan Yang PSU

by admin on | 2024-03-01 16:43:35

Share: Whatsapp |


Pantau PSU di Balikpapan, Bawaslu Kaltim Sebut Bukan Hanya Balikpapan Yang PSU

Onix News, Balikpapan - Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung saat meninjau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 31 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota, menyampaikan PSU dilaksanakan tanpa petugas Pengawas TPS atau PTPS, Sabtu (24/02/2024).


Ia mengatakan pemantauan ini dilakukan karena petugas PTPS yang sebelumnya bertugas pada 14 Februari 2024 lalu, masa kerjanya sudah berakhir saat itu.


“Bawaslu Provinsi memiliki tugas untuk memonitoring dan memastikan proses pengawasan PSU ini berjalan dengan lancar. Sebetulnya bukan hanya Bawaslu Provinsi, Bawaslu Balikpapan dan Panwascam juga hadir di sini,” ujar Galeh.


Menurutnya, pelaksanaan PSU ini karena saat pelaksanaan pencoblosan pada 14 Februari 2024 lalu, terdapat pemilih dari luar wilayah yang mencoblos di TPS 31. Ia mengatakan PSU tidak hanya dilaksanakan di Balikpapan, tapi juga di Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Berau. Pelaksanaan PSU di Kaltim sama kasus pelanggarannya, orang yang tidak memiliki hak pilih tapi menggunakan hak pilihnya di TPS.


“Khusus di Balikpapan, pelaksanaan PSU hanya untuk calon presiden dan wakil presiden. Kalau di Samarinda dan daerah lainnya, ada yang tetap melakukan pemilihan ulangnya dengan lima surat suara. Ada DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan presiden,” ungkapnya.


Leave a Comment