"> Onix News Portal | Home Page

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat dan Pameran Kewirausahaan Muda Rangkai Kemeriahan HUT ke-127 Balikpapan

by admin on | 2024-02-24 18:51:59

Share: Whatsapp |


Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat dan Pameran Kewirausahaan Muda Rangkai Kemeriahan HUT ke-127 Balikpapan

Onix news, Balikpapan - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud membuka Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (Formas) dan pameran kewirausahaan muda, di Tennis Indoor Stadium, Jumat (23/02/2024).


Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-127 Kota Balikpapan. Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengapresiasi kegiatan olahraga yang menjadi komitmen bersama menyehatkan anak bangsa.


Formas dirangkai dengan  pameran kewirausahaan yang menggandeng pelaku UMKM, khususnya para mahasiswa sebagai bentuk dukungan agar para pemuda terbiasa menghidupkan perekonomian.


“Karena Balikpapan bukan daerah yang kaya akan sumber daya alam,tentunya Ini menjadi momentum, bahwa Balikpapan sebagai kota jasa dan industri, tentunya perekonomian ditopang melalui (sektor) jasa. Kegiatan UMKM akan menghidupkan perekonomian, yang mana Balikpapan bukan kaya hasil alam, tapi kota jasa dan industri,” ungkap Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.


Seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rahmad mengaku optimis perekonomian Kota Balikpapan akan bertumbuh. Dimana untuk membangun kota jasa dan industri, harus aman dan membangun suasana yang nyaman.


“Kalau tidak aman dan nyaman, orang tidak akan datang atau menetap di Balikpapan. Akan tetapi saya yakin dan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga keindahan dan menjaga toleransi sehingga Alhamdulillah kota ini aman dan nyaman,” tambahnya.


Formas dan kegiatan UMKM yang diinisiasi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan akan berlangsung pada Jumat, Sabtu, Minggu (23,24,25/02/2024).


Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, kegiatan ini dalam rangkaian HUT ke-127 Kota Balikpapan yang mana dikolaborasikan kegiatan keolahragaan dan kewirausahaan pemuda dalam hal UMKM nya.


“Sedangkan bidang olahraga festival rekreasi juga dilibatkan, selain olahraga prestasi, disabilitas, kami libatkan dan supaya mereka budayakan hidup sehat,” ujar Ratih.


Dengan berolahraga tidak menutup kemungkinan akan muncul prestasi. Event ini turut diikuti peserta dari luar daerah seperti dari pulau Jawa dan Sulawesi.


“Kami ingin melihat kewjirausahaan pemuda sehingga mereka bisa mandiri dan membuat produk tersendiri. Sedangan masyarakat meningkatkan kebugaran serta prestasi,” tambahnya.


Peserta Formas pada cabang olahraga senam berjumlah 800 orang dari Kaltim-Kalsesl-Jawa dan Sulawesi, panahan tradisional 300 orang se-Kaltim, catur masyarakat non-master 100 orang se-Balikpapan, joker 128 orang, mural 11 orang dan graffiti 7 orang se-Balikpapan.


“Total peserta 1.350 orang sedangkan peserta Pameran Kewirausahaan ada 30 tenant,” kata Ratih.


Leave a Comment