Upacara Peringatan HUT Ke-65 Kodam VI/Mulawarman, Pangdam Ingatkan Kembali Program Prioritas

Onix News, Balikpapan – Puncak acara peringatan hari jadinya yang ke-65, Kodam VI/Mulawarman melaksanakan upacara yang digelar di halaman Makodam VI/Mulawarman, Kamis (20/7/2023) pagi.

Dalam upacara ini turut pula dihadiri jajaran Forkopimda Kalimantan Timur, mulai dari Pemprov Kaltim hingga Polda Kaltim. Tampak hadir juga Kapolda Kaltara dan Badan Otorita IKN Nusantara.

Dalam amanatnya, Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, mengingatkan makna historis peringatan HUT ke-65 Kodam VI Mulawarman, karena mencerminkan rekam jejaknya yang panjang dalam mendukung pembangunan dan pengamanan daerah.

Terlebih lagi saat ini di wilayah Kodam VI/Mulawarman, khususnya di wilayah Kaltim, sedang dibangun Ibu Kota Nusantara. Jenderal berbintang dua ini menegaskan kembali dukungan jajarannya terhadap kebijakan pemerintah dalam menyiapkan IKN di Kalimantan Timur.

Sesuai dengan tema “Bersinergi Untuk Negeri” yang diusung pada pada HUT ke-65 Kodam VI/Mulawarman tahun 2023, jenderal kelahiran Surakarta 52 tahun lalu ini menggarisbawahi pentingnya kebersamaan mensejahterakan rakyat.

“Kita harus bersama-sama, solid, dan ikhlas tentunya. Maka perwujudan sapta marga, sumpah prajurit, dan 8 wajib TNI kita perkuat dengan sinergi bersama Forkopimda. Kita harus bisa mensejahterakan masyarakat,” ujarnya kala ditemui awak media usai memimpin jalannya upacara.

Pangdam juga menyebut sejumlah prioritas program yang menjadi agenda jajarannya, diantaranya pengamanan IKN, ketahanan pangan, penyediaan air bersih, dan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). “Pada intinya semua bertujuan mensejahterakan masyarakat. Dan semua program prioritas ini harus berlanjut terus,” tukasnya.

Di momen ulang tahunnya kali ini, Pangdam menyematkan juga penghargaan Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun, 16 tahun dan 24 tahun pengabdian kepada tiga prajurit.

Dan sebagai pertunjukan hiburan, sejumlah prajurit unjuk gigi mempersembahkan atraksi seni bela diri pencak silat yang mengundang decak kagum penonton. Mulai dari memecahkan batu, batang besi, hingga membaca tulisan dengan mata tertutup.