Tips-Tips Aman Mengendarai Motor Kopling

Onix news, Balikpapan – Motor kopling adalah salah satu motor yang cukup digemari oleh masyarakat Balikpapan. Perbandingan antara motor matic dan motor kopling pun tidak terlalu signifikan, karena yang menjadi pembedanya hanyalah pada transmisi motornya. Pada motor kopling transmisinya dilakukan secara manual dengan berpindah gigi, sedangkan matic memiliki transmisi yang bergerak secara otomatis. Ketika mengendarai motor kopling pun pengendara harus lebih banyak berkonsentrasi dibandingkan mengendarai motor matic, dikarenakan pada motor kopling pengendara harus memperhatikan sisi kopling, gas, rem secara bersamaan. 

Pada kali ini, Astra Motor Kaltim 1 akan memberikan beberapa tips mengendarai motor kopling :

Pelajari cara kerja motor kopling

Letak panel kopling terdapat pada tuas tangan kiri pengendara (bagian kanan adalah rem depan, sedangkan bagian kiri adalah kopling). Ketika mulai menarik tuas kopling, maka lempeng kopling akan di tekan oleh kampas rem sehingga menjadi berhenti. Nah di saat itulah biasanya pengendara dapat memindahkah gigi pada motor. Intinya fungsi utama kopling itu sendiri adalah untuk memutus penggerak yang berbentuk transmisi dan juga sebagai gear ke mesin, sehingga proses perpindahan gigi jadi lebih mudah.

Optimalkan Perpindahan Kopling

Ketika memindahkan gigi motor, ada baiknya hal tersebut dilakukan pada putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm. Namun tidak selamanya putaran mesin itu dapat dijadikan patokan dalam berkendara. Biasakan mengambil rpm rendah karena setiap jenis motor kopling itu berbeda-beda.

Kenali Penggunaan Engine

Brake Engine Brake adalah keunggulan dari motor kopling. Engine Brake itu sendiri adalah pengereman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin ketika pengendara melepas tuas gas. Engine Brake membantu pengendara yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi untuk melakukan pengereman.

Pelajari Cara Aman Berkendara

Apabila pengendara sudah paham mengenai bagaimana cara mengendarai motor kopling dengan baik, maka tugas pengendara selanjutnya adalah meningkatkan kemampuannya dalam berkendara sesuai dengan standar keamanan yang ada.

“Diatas adalah beberapa tips yang dapat rekan-rekan terapkan ketika mengendarai motor kopling, tidak hanya itu kelengkapan berkendara juga harus di perhatikan mengingat penggunaan helm, sarung tangan, jaket dan sepatu adalah modal utama berkendara dan jangan lupa selalu #cari_AMAN dimanapun dan kapanpun kita berkendara, Ujar Daniel Natanael Toghas selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1.”