Sinergi Untuk Bersama Ukir Prestasi, Imigrasi Balikpapan Berikan Penghargaan Untuk Onix Radio
Onix News, Balikpapan – Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kantor Imigrasi Balikpapan dalam menjalankan tugas sehari-hari turut merasakan pula dukungan dari media. Dengan alasan itu pula, Kantor Imigrasi memberi penghargaan kepada insan media dalam kegiatan media gathering, Senin (21/11/2022) lalu.
Dalam sambutannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Balikpapan Rakha Sukma Purnama mengatakan bahwa kegiatan media gathering ini adalah agenda rutin setiap tahun. Selain sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan informasi juga yang paling utama sebagai ajang silaturahmi.
“Juga sebagai evaluasi dan tentunya bagi kami aparatur pemerintahan sebagai bentuk pengawasan. Bisa memberi masukan bagi kami dalam menjalankan tugas sehari-hari untuk mengetahui apakah yang kita lakukan sudah tepat sasaran dan terasa manfaatnya,” tutur Rakha.
Salah satu media yang menerima penghargaan tersebut adalah Onix Radio yang merupakan radio siaran swasta terkemuka di Balikpapan yang tak hanya berfokus pada sektor hiburan, namun juga aktif dalam penyebaran informasi terkait kebijakan publik dan gerak laju pembangunan.
Dalam kesempatan itu, Rakha Sukma Purnama juga mengatakan, penghargaan itu sebagai ungkapan terima kasih terhadap dukungan yang diberikan media kepada Kantor Imigrasi sebagai penghubung antara instansi pemerintah dengan masyarakat.

“Kami dan segenap jajaran selalu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kepada rekan media untuk mendapatkan data maupun informasi terkait layanan kekeimigrasi secara transparan,” ucapnya.
Adapun tema media gathering tahun ini yakni manajemen branding layanan bintang lima, yang menjadi landasan semangat Kantor Imigrasi Balikpapan dalam memberi pelayanan terbaik pada masyarakat layaknya pelayanan di hotel-hotel berbintang lima.
Rakha menegaskan hal ini merupakan bukti instansi pemerintah mampu memberikan layanan excellent service dan menciptakan good governance. Dia menjelaskan, Imigrasi Balikpapan telah melakukan banyak perubahan, baik dari pola pikir maupun budaya kerja.
“Tidak ada istilah-istilah informasi yang sulit diterima atau informasi yang tidak jelas yang diberikan pada masyarakat. Tidak ada lagi yang namanya dipersulit, tidak ada lagi ruang tunggu dan fasilitas pelayanan yang buruk. Kantor Imigrasi berupaya sekuat mungkin memberikan yang terbaik,” tegasnya.
Rakha melanjutkan, Kantor Imigrasi Balikpapan memperoleh predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dari Kementerian PAN-RB yang merupakan pengejawantahan enam aspek perubahan, mulai dari perubahan mindset, situasi, kondisi, fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi.
“Penghargaan ini adalah penghargaan yang prestisius. Karena tidak semua satuan kerja atau OPD (organisasi perangkat daerah) mendapatkan predikat tersebut. Ada kategori khusus agar sebuah instansi pemerintah bisa meraih gelar WBK,” tuturnya.
Menurutnya, itu sebuah bukti nyata Kantor Imigrasi sudah melakukan perubahan. Dan penghargaan dari Kementerian PAN-RB ini melecut semangat Imigrasi Balikpapan bertekad naik level tahun depan, yaitu wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).