Ribuan Anak di Kaltim Teridentifikasi Stunting, Akmal Malik Dukung Keterlibatan PKK Cegah Stunting

Onix news, Balikpapan – Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik beserta Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal turut hadi hadir dalam gelaran Gebyar Karamunting (Kader Bergerak Melawan Stunting) yang diikuti ribuan pelajar, kader dan pengurus PKK se- Kaltim di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome serta turut dihadiri Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Selasa (24/10/2023).

Dalam sambutannya, Akmal Malik menyampaikan bahwa PKK adalah organisasi yang hebat yang mampu menyentuh lini masyarakat dengan lebih teknis, salah satunya seperti program-program upaya pencegahan stunting. Keberadaan PKK dinilai sebagai bagian dari kemajuan Ibu Kota Negara Nusantara.

Pemerintah dan PKK bisa berkolaborasi dalam penyelesaian stunting, juga masalah kemiskinan. Akmal mengungkap ada 5.000 orang yang teridentifikasi stunting di Kaltim, meski jumlahnya kecil tapi berpotensi besar jika tidak dicari solusinya.

“Saya mengimbau kader PKK dari kabupaten dan kota, ayok kita berkolaborasi. Ini adalah kesempatan yang baik untuk kita terus mengoptimalkan peran PKK menjadi mitra Pemerintah yang lebih baik lagi,” ajaknya.

Sementara itu Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengatakan selama ini PKK telah bekerja sama dengan berbagai pihak yang terus dikembangkan. Apresiasi diberikan dari pengurus pusat ke daerah yang memberikan prestasi yang sudah dicapai kabupaten Kota.

“Yang terpenting selalu ingat gerakan PKK bukan berdasarkan lomba tapi program dan tujuan organisasi, sehingga kegiatan PKK dirasakan manfaatnya untuk masyarakat banyak. Misalnya masalah stunting di Kaltim yang daerahnya sebenarnya kaya akan sumber daya alam tapi masih ada 5 ribu anak mengalami stunting, walau angkanya terbilang kecil, setidaknya semua harus terlibat untuk mengurangi angka tersebut,” Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Ia juga mengingatkan bahwa masalah stunting bukan hanya karena tidak mengusahakan makanan bergizi, namun pola asuh anak yang salah juga dapat mempengaruhi faktor stunting

“Di mana masih banyak yang belum bisa mengatur gizi atau menu yang baik untuk anaknya. Sehingga kita harus sama-sama bergerak untuk mensosialisasikan bagaimana menyiapkan makanan bergizi pada 1000 hari pertama kehidupan. Terimakasih kepada semua pihak, khususnya Pj Gubernur Kaltim dan Ketua TP PKK Kaltim beserta rombongan yang menyambut kami dengan sangat luar biasa pada hari ini,” ungkap Tri Tito Karnavian.

Tak lupa Ketua TP PKK Pusat juga menyampaikan imbauan kepada anak sekolah dan Tim Penggerak PKK Kaltim hingga kabupaten dan kota yang telah hadir agar menjauhi narkoba.

“Untuk anak anakku semua jauhi narkoba ya. Untuk Tim PKK sekalian, kita adalah pendamping orang pertama (di sisi kepala daerah), jadi mudah mengkoordinasikan dan proaktif dalam mencari program. Bukan hanya baik untuk pengurus tapi juga berhubungan dengan masyarakat langsung. Kita harus memperhatikan makanan bergizi untuk anak anak yang berusia 0 – 1000 hari untuk mencegah stunting” tuturnya.