Ratusan Guru PPPK se-Balikpapan Ikuti Orientasi Kurikulum, Pengenalan Nilai dan Etika

Onix news, Balikpapan – Sebanyak 504 Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan tahun 2023 mengikuti orientasi kurikulum, pengenalan nilai dan etika di Hotel Novotel Balikpapan serta secara dalam jaringan (daring), Kamis (12/10/2023).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan orientasi kurikulum ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi PPPK yang nantinya akan bertugas di Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kami bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di provinsi. Jadi semua narasumber dan media suaranya dari BPSDM provinsi. PPPK ini meliputi guru mata pelajaran dan guru kelas. Mereka yang sudah lolos ini masuk untuk memenuhi komposisi dari kebutuhan,” ujar Purnomo.

Saat ini Kota Balikpapan diakuinya memang membutuhkan cukup banyak tenaga guru untuk kegiatan pengajaran, khususnya guru kelas dan guru mata pelajaran.

“Mereka ini guru SD dan SMP se Balikpapan. Guru SD ini guru kelas, SMP yang guru mata pelajaran,” imbuhnya.

Dalam Sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan, para PPPK ini adalah formasi tahun anggaran 2021 dan kelulusan tahun 2022.

“Penting sekali mereka mengikuti kegiatan ini, karena mereka ibaratnya akan masuk sebuah rumah. Sehingga harus tahu apa yang ada dalam rumah. Supaya persepi kita dan orientasi ini sama,” ujar Muhaimin.

Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan maksimal, karena tidak semua bisa lolos PPPK. ASN terbagi dua PNS dan PPPK namun hampir 10 tahun kebelakang ini tidak ada penerimaan PNS dan hanya ada PPPK, dimana tahun ini merupakan tahun ketiga penerimaan PPPK.

Untuk diketahui, tidak semua kabupaten/kota melaksanakan rekrutmen PPPK, program Kementerian PAN-RB. Program ini memang program pemerintah pusat, namun pelaksanaan dan anggaran jadi beban APBD kabupaten/kota dan provinsi masing-masing.

“Saya juga mengingatkan, kita harus mengedepankan etika, dedikasi, dan loyalitas. kita butuh orang pintar dan beradab dan siap menjalankan tugas sesuai perintah,” tutupnya.