Perbaiki Mutu Pelayanan, Si Dilan Hadir di DPRD Balikpapan
Onix News, Balikpapan – Dalam upaya mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya, Sekretariat DPRD Kota Balikpapan memperkenalkan sebuah proyek perubahan dengan memanfaatkan digitalisasi Sistem Digital Melayani (Si Dilan), yang dilaunching Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud, Senin (26/9/2022).
Program ini sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dalam mewujudkan dan memberikan pelayanan yang maksimal ke warga masyarakat.
Si Dilan sendiri merupakan sarana, alat, media dalam rangka mewujudkan layanan pemerintahan yang efektif, efisien, mudah, transparan, cepat dan tepat yang menjadi prinsip–prinsip layanan Good Govenance.
“Seluruhnya fungsi dan tugas Sekretariat DPRD Balikpapan adalah layanan. Dalam melayani pimpinan dan anggota DPRD Balikpapan dalam menjalankan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan,” kata Seketaris DPRD Balikpapan Irfan Taufik kepada awak media.
Karena selama ini layanan yang diberikan adalah sistem konvesional, oleh karenanya mencoba mengangkat sebuah proyek perubahan dengan memanfaatkan digitalisasi yang disebut dengan Si Dilan atau Sistem Digital Melayani.
“Ini bukan hal baru di lingkungan DPRD,” ucapnya.
Ada 10 area digitalisasi yang akan diterapkan dalam Si Dilan untuk membantu DPRD Balikpapan dalam menjalankan fungsinya. Irfan berharap dengan adanya proyek perubahan ini harmonisasi antara Legislatif dan Eksekutif bisa lebih efektif.
“Contoh kecil saja, teman-teman wartawan jika ingin menyampaikan aspirasinya, ada tau gak kemana saya nelepon, whats app dan email. Saya kira ini yang belum kita lakukan, ini bukan hal baru, tetapi dilingkungan DPRD belum ada itu,” jelasnya.
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mendukung penuh kedelapan proyek perubahan dari Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemkot Balikpapan.
“Pastinya kami Pemkot Balikpapan sangat mendukung proyek perubahan itu, hanya saja implementasi nyatanya saja yang ditunggu,” tandasnya.