Pebalap Astra Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Onix news, Jakarta – Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) mendominasi podium ajang Asia Road Race Championship (ARRC) seri terakhir di Chang International Circuit, Buriram, Thailand. Pada race pertama yang dilangsungkan Sabtu (19/11), baik pebalap yang turun di kelas Asia Production (AP)250 maupun Supersports (SS)600, mampu berdiri di podium tertinggi. Bahkan di kelas AP250, tiga pebalap sapu bersih podium pertama hingga ketiga.

Start dari posisi ketiga, Herjun Atna Firdaus mampu meneruskan performa positif dari beberapa race terakhir, dan mempersembahkan kemenangan. Sepanjang balapan, Herjun dan dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) lainnya, M Adenanta Putra dan Rheza Danica Ahrens, tak pernah lepas dari barisan terdepan.

Bendera finish dikibarkan, Herjun berhasil keluar sebagai pemenang Race 1 ARRC Thailand. Diikuti Adenanta yang meraih posisi kedua, dan Rheza Danica, juara ARRC kelas AP250 tahun 2018, yang juga berhasil mengamankan podium ketiga setelah bermanuver di tikungan terakhir lap terakhir.

”Sangat senang mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Terima kasih untuk tim dan semua pendukung. Balapan yang sangat sulit karena semua pebalap tampil bagus dan memberi perlawanan. Saya akan berusaha meraih podium lagi pada balapan terakhir esok hari,” kata Herjun usai balapan.

Capaian gemilang ini membuat peluang juara kelas AP250 semakin terbuka lebar untuk para pebalap AHRT. Adenanta Putra punya peluang paling dekat dengan juara, karena bertahan di posisi kedua dan hanya terpaut 11 poin dari pimpinan klasemen. Hasil positif race 1 ARRC seri terakhir juga membuat Rheza Danica makin mendekat, dan berjarak 17 poin. Peluang besar juga terbuka untuk Herjun, dengan kemenangannya hari ini, membuat beda jarak dengan pemimpin klasemen hanya terpaut 18 poin.

Podium Tertinggi Andi Gilang
Sementara itu, asa juara juga tetap terjaga untuk pebalap AHRT di kelas SS600 melalui Andi Farid Izdihar atau yang akrab disapa Andi Gilang. Pebalap Bulukumba, Sulawesi Selatan itu mengunci kemenangan di race pertama seri terakhir ARRC, dan mengamankan 25 poin penting.

Start dari posisi kedua, di awal balapan Andi Gilang melorot beberapa posisi, mencari sela dan terus bertahan di barisan depan dengan para pebalap Thailand dan Malaysia, termasuk rekan setimnya, Irfan Ardhiansyah start dari posisi kelima.

Pada pertengahan balap yang mengitari sirkuit 12 putaran itu, Andi berhasil merangsek semakin ke depan dan bersaing dengan pebalap tuan rumah. Andi mampu mengatasi perlawanan para pesaing, melakukan manuver di tikungan terakhir pada putaran ke-9, terus memimpin dan memenangi balapan pertama seri terakhir ARRC kelas SS600. Sedangkan Irfan harus puas finish ke-7 setelah pada tikungan terakhir gagal overtake pebalap di deretan podium.

”Balapan yang sangat sulit, sangat ketat, dan itu terjadi hingga tiga 3 lap terakhir. Setelah menguasai keadaan dan mengambil pucuk pimpinan lomba, saya menjaga ritme dan berhasil menang. Saya dan tim akan menyiapkan semuanya, termasuk motor balapan besok, dan mencoba kembali memberikan tontonan terbaik,” ucap Gilang setelah lomba berakhir.

Kini, Andi akan berusaha menjaga performa dan meraih kembali hasil maksimal pada race kedua yang berlangsung Minggu (20/11), untuk mengamankan gelar juara. Perbedaan poin dari pimpinan klasemen hanya selisih 14 poin. Harapan membawa pulang gelar juara masih sangat terbuka.