Pastikan Aset Milik Pemerintah, DPRD Balikpapan Akan Perjelas Alas Hak Tanah Kawasan Pemakaman KM 15

Onix news, Balikpapan – Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Alwi Al Qodri menyampaikan pihaknya pada awal September 2023 lalu melakukan pemantauan langsung untuk memastikan langsung aset milik Pemerintah Kota, seperti di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) terpadu Kilometer 15 di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kebun Raya Balikpapan dan Kilometer 12 Balikpapan Utara. Kunjungan ke lokasi tersebut dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan.

“Ternyata memang benar demikian adanya dan sebenarnya kami juga sudah mengundang BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kota Balikpapan, untuk memastikan legalitas aset ini apakah segel atau sertifikat? Jangan sampai punya lahan, tapi tumpang tindih dengan milik masyarakat,” ujarnya Rabu (26/09/2023).

Alwi mengaku, pihaknya menerima informasi bahwa untuk penggunaan kawasan pemakaman tersebut belum mencapai 50 persen. Namun ia tetap menghimbau agar pemakaman warga dialihkan ke tempat tersebut supaya tidak terlalu penuh daerah Kota.

“Sebagian warga ada yang mau dan tidak. Mungkin yang tak mau karena pertimbangan jaraknya, sementara di Kilometer 15 ini kan jauh. Padahal di sini pemakaman bisa tertata rapi dan aman dari runtuh, meski tambah sedikit biaya,” terangnya.

Disamping itu, pihaknya juga memastikan Komisi III akan memperjelas alas hak tanah kawasan pemakaman KM 15, sehingga masuk sebagai inventarisasi lahan oleh Panitia Khusus (Pansus) Aset Daerah DPRD Kota Balikpapan.

“Kami kan ada Pansus Aset, kami akan memastikan juga alas haknya lengkap atau bagaimana, nanti kami tanyakan,” tutupnya.