Nusantara Coffee Event 2023 Berjalan Sukses, Penutupan Acara Berlangsung Meriah

Onix news, Balikpapan – Penutupan Nusantara Coffee Event 2023 yang berlangsung sejak Kamis (12/10/2023) di Balikpapan Tennis Stadium berlangsung meriah dengan kehadiran pedangdut Ayu Ting-ting, penyanyi Syarla Indonesian Idol 2023 dan Agus Hafi X-Factor, Sabtu (14/10/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Etty Subagyo mengatakan, event industri kopi yang ada di Balikpapan ini berjalan sukses dan para peserta dari berbagai wilayah Kaltim sangat antusias mengikuti lomba.

Total peserta yang berpartisipasi dalam event ini, lanjut Etty, sebanyak 37 orang. Ada tiga kategori yang dilombakan, yakni Latte Art, Manual Brew dan Mixology.

“Alhamdulillah, ini event pertama dan berjalan dengan sukses. Seluruh peserta sangat antusias, meskipun kalah, tapi masih bisa mendapatkan penghargaan. Yang juara ada dari Balikpapan, juga dari Samarinda. Pemenang dalam event ini akan mewakili Indonesia di ajang internasional,” ujar Etty.

Nusantara Coffee Event 2023 ini dilaksanakan dengan support dari Kemenkraf mulai dari trophy, piagam dan dana pembinaan. Seluruh peserta lomba mendapat piagam dari Disporapar Kalimantan Timur. Event ini dipelopori oleh EO Nirmala Kreasi Indonesia.

“Kehadiran event ini untuk membina dan mempromosikan bagian-bagian kopi yang ada di Kalimantan Timur ini khususnya di kota Balikpapan. Karena kopi-kopi itu sedang booming dan ngetren,” ucapnya.

Ia mengatakan Nusantara Coffee Event akan berlanjut dan berharap EO di Balikpapan semakin aktif mengadakan event-event, mengingat Balikpapan merupakan pintu gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita harus berbuat sesuatu untuk mengangkat nama Balikpapan khususnya dan Kaltim umumnya. Sekaligus membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Ratih Kusuma menyampaikan bahwa event ini perpaduan atas kekayaan-kekayaan alam Indonesia sekaligus festivalisasi kebudayaan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa kopi bukan sekadar minuman, tapi juga merupakan sebuah icon budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Indonesia. Bangsa kita merupakan produsen kopi terbesar di dunia, dan kopi sudah menjadi bagian penting,” tuturnya.

Di samping itu, kopi juga memiliki peran ekonomi yang signifikan, dan saat ini masyarakat Balikpapan hidup dalam masa yang menantang terutama dengan adanya pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur.

“Hal ini tentunya membuka peluang tumbuhnya kedai kopi yang akan menggerakkan perekonomian lokal,” tutupnya.

Kemeriahan penutupan event ini semakin seru dan heboh kala penonton ikut bernyanyi dan bergoyang bersama pedangdut Ayu Ting-ting yang tampil energik membawakan sejumlah lagu.

“Terimakasih masyarakat Balikpapan, sudah datang malam ini. Kalian semua luar biasa. Mudah-Mudahan semuanya happy,” ucap Ayu.