Lahan RS Balikpapan Barat Masih Jadi Persoalan, DPRD Ingatkan Pemkot Berhati-hati Masalah Hukum

Onix news, Balikpapan – Belajar dari pengalaman pembangunan Stadion Batakan yang masih meninggalkan persoalan terkait pembebasan lahan. Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle berharap Pemerintah Kota Balikpapan dapat menyelesaikan persoalan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Balikpapan Barat.

Sabaruddin juga mengingatkan agar Pemkot berhati-hati dalam menghadapi permasalahan hukum. Lahan RS Balikpapan Barat yang digugat warga tersebut seharusnya bisa selesai lebih awal jika tidak melanggar aturan yang berlaku.

Diketahui, lahan yang terletak di Kelurahan Baru Ulu itu sedang dalam proses kasasi di Mahkamah Agung.

“Ya jangan memaksakan kehendak. Kalau tanah belum steril atau bebas dari klaim, jangan dulu dibangun. Rumah sakit itu memang mendesak, perlu dibangun demi kepentingan kita bersama. Tapi perlu diingat sebelum dibangun harus dinyatakan steril,” terang Sabaruddin, Selasa (19/09/2023).

Sabaruddin melanjutkan, DPRD Balikpapan telah melakukan penganggaran untuk Rumah Sakit tipe C tersebut, hanya saja Pemkot juga harus bertanggung jawab jika nantinya hasil kasasi itu membenarkan bahwa lahan itu milik warga.

“Berarti kan tinggal ganti rugi. Kalau itu memang haknya warga,” tutupnya.