Kodam VI/Mlw Gelar Upacara Hari Pahlawan, Mensos Ingatkan Jaga Persatuan Melawan Penjajahan Modern

Onix news, Balikpapan – Kodam VI/Mlw selaku Komando Utama TNI Angkatan Darat melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan Markas Kodam VI/Mlw, Jum’at (10/11/2023).

Upacara di pimpin Inspektorat Kodam (Irdam) VI/Mlw Brigjen TNI Fahrizal Harris, S.E. yang mewakili Pangdam VI/Mlw.

Di kutip dari amanat Menteri Sosial yang di bacakan Irdam VI/Mlw menyampaikan tema yang di angkat dalam peringatan kali ini yaitu “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

Tema yang diangkat tahun ini diakui sebagai refleksi dalam menjawab ancaman penjajahan modern.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata,” ujar Mensos dalam amanat yang dibacakan.

Indonesia merupakan pasar besar yang memiliki berbagai keunggulan Sumber Daya Alam sehingga potensi penjajahan modern harus diwaspadai dan mendorong rakyat Indonesia agar tetap bersatu.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” lanjut Mensos.

Dalam merefleksikan semangat para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Mensos mengatakan semangat pahlawan juga harus selalu kita tumbuhkan untuk membakar semangat seluruh warga Indonesia agar selalu menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” tambahnya.

Untuk diketahui Hari Pahlawan Nasional diperingati pada 10 November setiap tahunnya. Pemerintah, dalam hal ini Kemensos RI telah menerbitkan pedoman terkait peringatan hari bersejarah ini, mulai tema, logo hingga panduan pelaksanaan upacara bendera.