Kepala OIKN Ajak Dubes dan Delegasi Pimpinan Perusahaan Prancis Kunjungi Lahan Campuran Untuk Berinvestasi di IKN

Onix News, Sepaku-Untuk kali pertama, calon investor dari eropa diajak mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (12/6/2023).

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam kesempatan tersebut mengajak Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone beserta sejumlah delegasi pimpinan perusahaan Prancis.

“Hari ini saya menjadi tuan rumah dari rombongan perusahaan-perusahaan, pebisnis dari Prancis. Ini tahap pertama dari engagement ataupun interest dari pebisnis di Prancis (untuk berinvestasi di IKN),” kata Bambang Susantono di lokasi lahan campuran IKN.

Dalam kunjungan tersebut ada sekitar 20-an pengusaha-pengusaha dari Prancis yang mana delegasi berasal dari berbagai sektor industri seperti energi, teknologi kota cerdas, material ramah lingkungan, dan lainnya. Mereka ingin melihat secara langsung kondisi di lapangan, dimulai dari Titik Nol IKN kemudian dilanjutkan ke lokasi lahan campuran untuk perdagangan dan jasa di IKN.

Bambang Susantono menegaskan bahwa kunjungan kali ini tidak hanya sekedar kunjungan, tetapi akan direalisasikan dalam bentuk investasi di IKN.

“Saya kira mereka dari semua sisi, tidak hanya investasi dalam rangka menjadi investor tetapi juga menjadi pelaku bisnis,” jelasnya.

Lebih lanjut Kepala OIKN menjelaskan bahwa di lokasi lahan campuran tersebut nantinya akan dibangun pusat perbelanjaan yang cukup besar di tahun 2024 mendatang.

Berdasarkan data dari Kedeputian Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, saat ini di area seluas 7,30 Hektar sudah ada calon investor yang berkomitmen untuk berinvestasi.
Secara total terdapat 71 klaster lahan campuran untuk investor yang tersebar di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kepala OIKN juga menerangkan bahwa konsep lahan campuran direncanakan untuk meminimalkan perjalanan antar kawasan dan penyediaan fasilitas umum, seperti sekolah dan kawasan komersial yang cukup untuk setiap kawasan.