Ekraf Balikpapan Gelar Ramadhan Creative Market, Jadi Ajang Ekspresikan Kreativitas

Onix news, Balikpapan – Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Balikpapan berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Balikpapan, Bank Kaltimtara, PDAM Tirta Manuntung, BAZNAS Kota Balikpapan dan Onix Radio menggelar Ramadhan Creative Market di Gedung Parkir Klandasan Jalan Jendral Sudirman mulai Jumat sore (07/04/2023) dan berlanjut hingga Sabtu-Minggu (08-09/04/2023). Ramadhan Creative Market secara resmi dibuka oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dengan ditandai pemukulan bedug.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Haemusri Umar menyebut kegiatan Ramadhan Creative Market sebagai kegiatan yang sangat strategis dalam rangka mendorong iklim ekonomi kreatif dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadhan. Kegiatan positif seperti ini dinilai jauh lebih baik untuk mengisi waktu dibulan Ramadhan, khususnya bagi generasi muda dalam menyalurkan kreativitas.

“Dari pada bermalas-malasan, perang sarung, balapan liar dan berbagai aktivitas lain yang lebih banyak mudaratnya dan meresahkan masyarakat lebih baik berkegiatan yang positif. Bulan Ramadhan ini selain kesempatan untuk meningkatkan amal dan ibadah, juga merupakan momentum untuk mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis dan komersial,” kata Haemusri.

Haemusri berharap kegiatan seperti ini dapat lebih sering diselenggarakan dengan memanfaatkan momentum hari-hari libur atau hari besar lainnya, di samping untuk menyemarakkan industri kreatif serta mampu menarik kunjungan wisatawan yang tentunya dapat berdampak positif bagi pendapatan daerah.

Turut hadir Ketua Ekraf Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud, pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, perwakilan Bank Kaltimtara, PDAM Tirta Manuntung, BAZNAS Kota Balikpapan dan CEO Onix Radio.

Ketua Ekraf Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud mengapresiasi anak-anak kreatif Kota Balikpapan karena sudah mulai menemukan jati dirinya dengan berani mengekspresikan diri melalui kegiatan-kegiatan positif.

“Anak-anak kita daripada perang sarung, balapan liar lebih baik kita arahkan ke sini, untuk mengasah keterampilan yang dimiliki anak-anak remaja khususnya. Kegiatan ini yang pertama kali digelar dan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya,” ujar Nurlena usai melakukan bagi-bagi takjil bersama tim Ramadhan Creative Market dan komunitas.

Ramadhan Creative Market menghadirkan kegiatan pasar Ramadhan dengan di isi 10 stand UMKM yang menjajakan berbagai pilihan takjil untuk berbuka hingga pilihan fashion, dirangkai dengan tarawih berjamaah, musik senja, berbagi takjil gratis, lomba kaligrafi, lomba fashion show dan lomba tabuh bedug.

Pada hari pertama Ramadhan Creative Market diselenggarakan lomba kaligrafi yang diikuti 18 peserta dari berbagai kalangan. Berlanjut di hari-hari berikutnya yang akan dilaksanakan kegiatan fashion show busana muslim, dan perlombaan pemukulan bedug yang diikuti dua tim setiap Kecamatan. Satu tim terdiri dari lima orang. Kegiatan tersebut dapat diikuti secara gratis dan akan ada hadiah menarik bagi para pemenang yang akan diumumkan pada Minggu (09/04/2023) sekaligus penutupan.