Dukung Bisnis Pelanggan, Astra Isuzu Tingkatkan Layanan After Sales Service

Onix News, Balikpapan-Seiring dengan meningkatnya kepercayaan konsumen, penjualan Light Commercial Vehicle (LCV) Isuzu di Indonesia yakni MU-X dan D-Max mencatat kenaikan signifikan selama triwulan I 2023.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo) sepanjang triwulan I 2023, penjualan ritel MU-X sebanyak 57 unit, naik dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 15 unit.

Sedangkan D-Max pada triwulan I 2023 terjual sebanyak 466 unit, naik signifikan dari triwulan I 2022 yang sebesar 31 unit.

“Kenaikan All New Isuzu MU-X 4×4 di kuartal pertama 2023 mencapai lebih dari 250 persen, serta kenaikan All New Isuzu D-Max di atas 650 persen, tentu saja merupakan kabar baik untuk kami Astra Isuzu sebagai distributor LCV Isuzu di Indonesia. Konsumen makin percaya pada produk kami,” jelas Chief Operation Officer (COO) Astra Isuzu, Yohanes Pratama, Kamis (12/5/2013).

Berdasarkan data Gaikindo, total penjualan Isuzu triwulan I 2022 sebanyak 7.126 unit, kemudian naik menjadi 8.311 unit pada periode yang sama 2023. Market share juga naik dari 3,0 persen menjadi 3,1 persen.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, kenaikan penjualan itu selain sudah pulihnya pasokan kendaraan, juga dipengaruhi sejumlah program after sales yang masif dilakukan Astra Isuzu.

Seperti dalam rangkaian program pengenalan produk LCV Isuzu di beberapa kota, salah satunya MAXPerience di Balikpapan, yang digelar 9 hingga 10 Mei 2023 kemarin.

Selain memperkenalkan keandalan MU-X 4×4 1.9 dan D-Max 1.9, di ajang itu juga diperkenalkan layanan after sales kepada mitra Isuzu. Kebanyakan mitra Isuzu adalah perusahaan yang bergerak di bidang perusahaan rental, pertambangan, perkebunan, dan migas.

Dua program after sales andalan Isuzu adalah Mechanic on Site yang saat ini tersedia langsung di site customer dan program Vendor Held Stock sebagai komitmen merealisasikan target physical availability.

Selain itu, Astra Isuzu juga menyediakan parts rotation di beberapa area yang bertujuan mempercepat proses pergantian dan perbaikan kendaraan konsumen jika diperlukan.

“Beberapa inisiatif tersebut berhasil menjawab kebutuhan konsumen di segmen ini,” imbuh Yohanes.

Sebelumnya, kecenderungan peningkatan penjualan otomotif tahun ini juga pernah disampaikan Direktur Eksekutif Celios (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira. Dirinya memperkirakan sektor industri otomotif tahun ini dalam proses pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Begitu sudah longgar kebijakan pandemi, perjalanan meningkat dan belanja mobil yang ditunda mulai direalisasikan,” jelasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi nasional triwulan I 2023 masih di atas lima persen, tepatnya tumbuh 5,03 persen di bandingkan triwulan pertama 2022.

Sementara itu, Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengatakan, pihaknya terus intensif menangkap peluang membaiknya ekonomi dengan mendekati konsumen.

Lewat aktivitas MAXPerience di beberapa kota, termasuk yang digelar di Balikpapan pekan ini, konsumen dan calon konsumen dapat merasakan performance sesungguhnya dari All New Isuzu Mu-X 4×4 dan All New Isuzu D-Max.

Kemudian ada program free Bundling Critical Item Part atau diskon initial stock 1 kali sebesar 25 persen, dimana pelanggan akan mendapatkan harga spesial untuk menjamin ketersediaan stok sparepart pada masa awal operasional kendaraan. Serta gratis melakukan Device Scan Tools (OBD), di mana pelanggan akan mendapatkan alat spesial untuk pemeriksaan atau mendiagnosa kerusakan kendaraan.

“Harapannya dengan program tersebut, kebutuhan spare part customer dapat terpenuhi secara maksimal,” jelas Heri Wasesa.