Direspon Positif, Nurlena Rahmad Mas’ud Akan Gelar Ramadhan Creative Market Setiap Tahun Sebagai Bentuk Konkret Program Forum Ekraf
Onix news, Balikpapan – Melihat respon positif dari kalangan masyarakat atas pembukaan Ramadhan Creative Market di Gedung Parkir Klandasan pada Jumat sore (07/04/2023), Ketua Umum Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud berencana menggelar kembali kegiatan yang sama di tahun berikutnya dan menjadi kegiatan rutin tahunan bagi para pelaku ekonomi kreatif.

“Ini yang pertama insya allah tahun depan lebih ditingkatkan lagi,” ujar Nurlena.
Nurlena menyampaikan akan lebih banyak lagi lomba yang digelar dengan hadiah uang tunai dan bingkisan bagi yang para juara dan tentunya pendaftaran lomba di gratis kan. Ia menilai gelaran Ramadhan Creative Market ini adalah kegiatan yang positif untuk menggali potensi anak-anak Balikpapan agar lebih kreatif, sehingga tidak kalah dengan daerah lain. Disamping itu juga menjadi tempat warga kota untuk mengekspresikan kreativitasnya.
“Nanti akan beraneka ragam yang bisa kita lombakan, setiap Ramadhan, semua gratis. Alhamdulilah ini saya sangat apresiasi anak-anak kreatif Kota Balikpapan sekarang mulai naik kelas, mulai menunjukkan jati dirinya, ini loh saya anak kreatif,” ujarnya
Melibatkan berbagai komunitas di Kota Beriman,ia berharap kegiatan positif ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mengembangkan diri terutama di kalangan remaja.

Salah satu komunitas yang turut dalam kegiatan bagi takjil gratis yang merupakan rangkaian dari Ramadhan Creative Market, Himawari ga Saku, menyambut baik kegiatan Ekraf Balikpapan yang disponsori oleh Pemkot, Bank Kaltimtara, PDAM Tirta Manuntung, Baznas Kota Balikpapan dan Onix Radio.
“Kolaborasi ini bermanfaat dan buat have fun juga. Anak-anak (anggota komunitas) ini juga banyak yang gabut-gabut (tidak memiliki kegiatan tertentu) di rumah terus hari libur juga jadi bisa ikut berkolaborasi disini ya untuk bantu-bantu kegiatan seperti bagi-bagi takjil,” ujar Ketua Himawari ga Saku, Adam Keisuke.
Mengusung konsep yang menarik, Adam dan teman-temannya berbagi takjil dengan mengenakan kostum yang unik atau biasa dikenal dengan istilah cosplay, yakni hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, permainan video dan sebagainya.
“Konsepnya bagi takjil pakai cosplay biar unik dan beda dari yang lain juga jadi narik perhatian. Harapannya adalah kita memperlihatkan aktivitas yang baik, berguna bagi orang lain sehingga bisa mempengaruhi pandangan orang lain bahwa cosplay itu juga tidak buruk,” ucapnya.
Ramadhan Creative Market akan digelar selama tiga hari, Jumat-Minggu (07-09/04/2023) masyarakat dapat berkunjung dan menyaksikan berbagai hiburan dan berbelanja.