Astra Motor Kaltim 1 Motor Berikan Tips Bersihkan Karatan di Motor Dengan 5 Cara Berikut Ini

Onix news, Balikpapan – Jika motor baru saja dibeli memang tidak ada masalah apapun, tapi saat motor sudah berusia lebih dari beberapa tahun kamu akan menemukan masalahnya sedikit demi sedikit. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah karat pada motor. Karat memang bukan masalah serius tapi sangat sering terjadi pada beberapa bagian motor, salah satunya knalpot.

Karat yang ada di body motor memang sangat mengganggu penampilan motor sehingga tidak terlihat kinclong dan tidak terawat. Tapi jika dibiarkan saja, karat juga bisa merusak besi motor, lho. Maka dari itu kamu perlu mengetahui langkah membersihkan karat pada motor. Karena seperti yang kita ketahui bahwa karat tidak mempan jika hanya dibersihkan dan disikat dengan air. Maka dari itu yuk ketahui apa saja langkah yang bisa kamu ambil untuk membersihkan karat pada motor berikut ini.

Menggunakan Pertamax Plus
Pertamax Plus juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk membersihkan karat pada motor. Caranya yaitu campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Lalu oleskan campuran ini pada bagian motor yang memiliki karat dan gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Dijamin deh, karat akan langsung bersih!

Menghilangkan Karat Pada Motor dengan Oli Bekas
Motor kamu habis diganti olinya? Jangan buang ya oli bekas pakainya karena sangat berguna untuk menghilangkan karat yang ada pada besi motor. Caranya juga gampang banget, kamu hanya peru mengoleskan oli tersebut secara merata di bagian motor yang berkarat seperti leher knalpot.

Setelah diolesi secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih sekitar 1 atau 2 menit. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor. Bagian dalam seperti lubang knalpot juga bisa kamu bersihkan dengan oli bekas. Jika terdapat asap yang keluar dari mulut knalpot, kamu gaperlu panik ya.

Menggunakan Pembersih Keramik
Pembersih keramik memang sangat ampuh untuk mengangkat kotoran yang ada di keramik kita dan kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan karat di motor. Caranya yaitu, oleskanlah pembersih keramik pada bagian motor yang sudah berkarat, diamkan beberapa saat dan gosoklah dengan sikat hingga karat benar-benar hilang!

Tetapi pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk blok mesin. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pembersih keramik di area tersebut.
Menghilangkan Karat Pada Motor dengan Stempet
Cara selanjutnya yaitu menggunakan gemuk atau stempet. Gemuk merupakan cairan yang teksturnya sangat kental bahkan seperti gel yang licin. Buat kamu yang sering utak-atik kendaraan pasti tidak asing lagi dengan gemuk ini ya, karena fungsinya yang bisa melumasi suku cadang motor.

Sifatnya yang lengket menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama pada bagian yang dilumasi (jika dibandingkan dengan oli). Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk ini sering digunakan untuk mencegah karat di bagian tersebut. Pada rangka motor yang catnya sudah rusak juga bisa diaplikasikan dengan cairan ini.

Menggunakan Pasta Gigi
Pasta gigi yang kamu pakai juga bisa digunakan untuk membersihkan karat, lho! Caranya yaitu oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat, tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap. Cara ini memang memang tidak instan, jadi kamu perlu mencobanya hingga beberapa kali agar karat benar-benar hilang.
“Demikian tips menghilangkan karat yang ada di bagian sepeda motor kita, selain menjaga sepeda motor kalian, jangan lupa untuk rutin menservis sepeda motor secara berkala di AHASS bengkel resmi Honda dan selalu #cari_AMAN dimanapun dan kapanpun saat berkendara” Ujar Daniel Natanael Toghas selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1.