Waspadai Hepatitis Akut Pada Anak, Ini Gejala Dan Cara Pencegahan Yang Perlu Diketahui

Onix News, Balikpapan – Hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak tengah menjadi perhatian banyak pihak akhir-akhir ini. Kementerian Kesehatan mencatat tiga pasien anak meninggal dunia dengan dugaan¬†hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya dan ketiga kasus ini masuk kategori ‘pending classification’.

Sejauh ini penyakit hepatitis akut misterius pada anak ini oleh beberapa pihak diduga disebabkan oleh adenovirus 41.Secara global, lebih dari 200 kasus hepatitis akut pada anak-anak dengan penyebab yang tidak diketahui telah dilaporkan di 17 negara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty menegaskan bahwa hepatitis akut ini belum diketahui penyebabnya. “Bukan dari kelompok hepatitis jenis A, B dan C seperti yang ada sebelumnya,” ujar Dio, sapaan akrabnya saat dijumpai awak media di Bandara SAMS Sepinggan, Sabtu (7/5). Dirinya menambahkan, umumnya hepatitis akut ini menyerang anak-anak dengan usia dibawah 17 tahun.

Untuk gejala-gejala yang wajib diketahui, Dio menyampaikan agar para orang tua mewaspadai bila anak mengalami gangguan saluran pencernaan, seperti mual, muntah dan diare. “Demam bisa ada, bisa tidak. Dan biasanya bila gejalanya semakin parah air seni akan berwarna lebih gelap seperti teh, kemudian kulit menguning, dan selaput mata juga menguning,” papar Dio.

Meskipun waspada, Dio juga menyampaikan agar masyarakat tidak perlu panik. “Ada bayi baru lahir itu biasanya ada yang kuning, jadi jangan langsung panik ya,” ujarnya sembari tersenyum. Dirinya juga menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus penularan hepatitis akut ini di Balikpapan.

Untuk penularannya sendiri, Dio menjelaskan bahwa umumnya melalui saluran cerna dan makanan. “Jangan juga bergantian alat makan, gelas minum. Kan biasanya suka oper-operan.” tutup Dio.(yoga)