VIRAL ! Sertifikat Vaksin yang Terbit Tahun 1326 H / 1908 M pada Masa Kesultanan Utsmaniyah

ONIX NEWS – Vaksin sudah ada dari jaman kesultanan Utsmaniyah, dan ternyata sudah ada sertifikat vaksinnya loh. Seperti yang kita ketahui, baru baru ini telah beredar gambar sertifikat vaksin yang di keluarkan tahun 1326 H.

Sertifikat ini di keluarkan oleh khalifah Islamiyah Turki Ustmani. Dimana vaksin merupakan bagian dari peradaban islam yang sudah maju. Saat itu baru ada dua jenis vaksin yang ditemukan, yakni vaksin untuk campak dan pes. pada abad ke 18 wabah cacar merupakan wabah yang paling mengerikan dalam sejarah manusia, dimana hal tersebut merupakan salah satu penyebab utama kematian massal. Wabah ini telah membunuh 300 hingga 500 juta orang dalam kurun waktu 100 tahun terakhir keberadaan virus.

Vaksinasi saat itu disebarkan di Istanbul, hal tersebut diinformasikan oleh Lady Mary Wortley Montagu melalui surat untuk negaranya. Saat ini surat tersebut menjadi bukti bahwasanya pembuatan vaksin ada di kekaisaran Ottoman.

Dari gambar yang beredar, Sertifikat vaksin itu dari tahun 1908 yang ditulis dalam bahasa Arab dan Prancis. Berarti umurnya sudah 113 tahun. Isi dokumennya adalah data vaksin anak berusia 10 tahun dari Istanbul, Turki. Sertifikat itu adalah konfirmasi vaksinasi melawan pandemi di Kesultanan Utsmaniyah di masa pemerintahan Sultan Abdul Hamid II tahun 1326 H (1908 M). Tulisan lainnya diartikan sebagai berikut:

Segel: Abdulhamid Khan bin Abdulmejid al-Muzafer daima
Nama penerima vaksin: Ismail Efendi
Umur: 10
Nama ayah: Mehmed Aga
Pekerjaan ayah: Kusir kereta
Agama: Islam
Alamat: Istanbul, apartemen 17, Distrik Uskudar, Tunusbagi Mahalla, Jalan Ed’hem Pasha No 44
Tanggal vaksin: 13 Oktober 1326 H
Petugas vaksin: Mustafa bin Hussein

Dulu, prosedur “variasi” ini mencakup pemberian serbuk berupa benang cacar atau cairan yang diambil dari jerawat seseorang yang cacar lalu diberikan pada lengan atau kaki orang yang sehat atau orang yang tidak terinfeksi melalui goresan kecil yang dibuat dalam kulit.

Sumber : detik.com dan muslimafiyah.com
editor : Onix Radio