Tingkatan Performa dan Kinerja Sambut 2022 Bank Indonesia Balikpapan Gelar Temu Responden 2021

ONIX NEWS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mengadakan Temu Responden Tahun 2021 untuk memperkuat engagement dengan stakeholder khususnya responden survei Bank Indonesia sekaligus sebagai sarana diseminasi perekonomian terkini.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada 29 Oktober 2021. Kegiatan dengan tema “Peningkatan Performa dan Kinerja Menyambut (PPKM) 2022” dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Mahdi Abdillah dan dihadiri responden survei dari pelaku usaha baikkorporasi maupun UMKM, akademisi, dan perwakilan pemerintah daerah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan bahwa kegiatan Temu Responden dilakukan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada para stakeholder yang telah menjadi mitra informasi Bank Indonesia melalui kegiatan survei maupun asesmen ekonomi daerah.

Mahdi Abdillah menjelaskan perkembangan ekonomi Kalimantan Timur termasuk Kota Balikpapan pada tahun 2021 khususnya triwulan II-2021 mengalami perbaikan yang signifikan setelah sebelumnya mengalami kontraksi yang cukup dalam di triwulan I 2021. Namun kebijakan PPKM yang berlangsung di triwulan III 2021 diperkirakan akan sedikit menahan laju pertumbuhan ekonomi.

Dalam rangkaian kegiatan ini, ada pula talkshow dengan tema “Penguatan Performa dan Kinerja Menyambut 2022” dengan narasumber Yohanes G Pauly, business coaching serta dipandu moderator Eva Wondo, news anchor / presenter. Dalam penjelasannya disampaikan untuk mempertahankan dan meningkatkan kapasitas usaha di tengah pandemic, terdapat 7 langkah adaptif yang perlu dilakukan oleh pengusaha antara lain (i) mengubah produk/jasa sesuai kebutuhan pasar, (ii) alih fungsi untuk membuat produk baru, (iii) memanfaatkan bahan yang ada untuk membuat produk baru (iv) Strategi pemasaran baru yang memanfaatkan teknologi digital (v) merubah produk/jasa dengan peralatan eksisting (vi) sistemasi kegiatan operasional menjadi lebih simple dan auto pilot serta (vi) memperkuat struktur tim kerja.

melalui Temu Responden Tahun 2021, Bank Indonesia berharap seluruh pelaku usaha memahami kondisi perkembangan ekonomi Balikpapan, serta memperoleh insight dari paparan narasumber untuk selalu survive di kondisi pandemi

Sumber : Bank Indonesia
Editor : Onix Radio