Tingkat Positivity Rate Menurun, Level PPKM Beberapa Wilayah Di Sesuaikan

ONIX NEWS – Pandemi Covid-19 masih enggan beranjak pergi dari Indonesia, bahkan semakin tersebar luas di berbagai wilayah. Pandemi ini mengakibatkan banyak nya korban yang meninggal karena tidak dapat bertahan melawan virus ini.

Namun, dengan melonjaknya kasus covid-19 ini membuat pemerintah Indonesia mencari cara agar dapat menanggulangi, salah satunya dengan PPKM di beberapa wilayah di Indonesia. Cara ini pun akhirnya membuahkan hasil yang positif, dimana tingkat kasus pasien positif terus menurun dalam satu minggu terakhir pemberlakuan PPKM.

Presiden RI Jokowi mengungkapkan bahwa untuk tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus Covid semakin membaik dan rata rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen. Ia juga mengungkapkan bahwasanya mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Dalam keputusan ini, terdapat beberapa penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke PPKM level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya, sementara itu untuk wilayah Semarang Raya berhasil turun ke level 2.

“Sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya,” ungkap Jokowi.

Secara keseluruhan, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa penanganan virus covid-19 di Jawa – Bali mengalami perkembangan yang baik. Wilayah yang masuk ke level 4 mengalami penurunan dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 kabupaten/kota, wilayah yang masuk ke level 3 dari 67 kabupaten/kota menjadi 76 kabupaten/kota dan wilayan yang masuk ke level 2 dari 10 kabupaten/kota  menjadi 27 kabupaten/kota.

Untuk wilayah diluar Jawa – Bali juga mengalami perbaikan, dimana wilayah yang masuk ke level 4 dari 7 provinsi menjadi 4 provinsi dan dari 104 kabupaten/kota menjadi 85 kabupaten/kota.

Meski mengalami perbaikan, Presiden Jokowi tetap menegaskan bahwa masyarakat harus selalu waspada dan disiplin dalam penerapan protocol Kesehatan, guna memutus mata rantai Covid-19 agar tidak semakin menyebar luas.

Presiden Jokowi juga mengajak masyarakat yang belum vaksin untuk segera vaksin.

Sumber : Sekretariat Presiden

Editor    : Onix Radio