Penutup Program Gerakan Wanita 2021, Bank Indonesia Balikpapan Gelar Penganugerahan GWM

ONIX NEWS – Program Gerakan Wanita Matilda (GWM) Tahun 2021 yang di selenggarakan oleh Bank Indonesia Balikpapan sudah tiba di penutup kegiatan.

Bank Indonesia Balikpapan menyelenggarakan Penganugerahan GWM, yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021 di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Ibu Hj Nurlena Rahmad Mas’ud. Dan dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Ratna Wardaningsih, Perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Camat se Kota Balikpapan serta perwakilan TP – PKK Kelurahan peserta GWM.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan upaya pengendalian inflasi melalui urban farming atau pemanfaatan lahan pekarangan di lingkungan rumah tangga untuk ditanami tanaman hortikultura. Hasil dari penanaman ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan
rumah tangga atau lebih lanjut dapat menjadi sumber pendapatan baru serta mendorong entrepreneurship ibu rumah tangga. Di tahun 2021, terdapat 6 kelurahan peserta GWM yang terbagi menjadi 2 area yaitu urban farming dan budidaya hidroponik.

Program GWM 2021 sendiri memiliki rangkaian kegiatan antara lain, pemberian bantuan tanaman dan saprodi pertanian, pelatihan penanaman dan pembibitan, pelatihan pengelolaan keuangan keluarga dan pelatihan marketing online. Peserta juga diberikan edukasi terkait kebanksentralan seperti belanja bijak, inflasi, pengenalan QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah.

Penganugerahan GWM ini merupakan rangkaian penutup dari program GWM 2021. Penganugerahan diberikan kepada GWM terbaik yang berhasil merawat dan menjaga
keberlangsungan tanaman, baik melalui urban farming maupun hidroponik, sesuai
hasil penilaian secara langsung oleh Dewan Juri pada tanggal 30 November 2021.

Ratna Wardaningsih menyampaikan bahwa Bank Indonesia mengharapkan terdapat
peningkatan awareness para wanita sebagai pengelola keuangan keluarga tentang
berbelanja secara bijak, pemanfaatan lahan pekarangan (urban farming) oleh masing-masing rumah tangga sehingga dapat memenuhi kebutuhan terhadap komoditas holtikultura secara mandiri, meningkatkan finansial literasi dan mendorong inklusi
keuangan masyarakat, serta mendukung pemberdayaan wanita kota Balikpapan.

Ratna Wardaningsih menyampaikan bahwa Bank Indonesia mengharapkan terdapat peningkatan awareness para wanita sebagai pengelola keuangan keluarga tentang berbelanja secara bijak, pemanfaatan lahan pekarangan (urban farming) oleh masing-masing rumah tangga sehingga dapat memenuhi kebutuhan terhadap komoditas holtikultura secara mandiri, meningkatkan finansial literasi dan mendorong inklusi keuangan masyarakat, serta mendukung pemberdayaan wanita kota Balikpapan.

Penghargaan pertama untuk urban farming terbaik adalah Kelurahan Sungai Nangka, sementara kategori GWM urban farming terinovatif adalah Kelurahan Muara Rapak dan GWM urban farming teredukatif adalah Kelurahan Margasari. Pada budidaya hidroponik, GWM hidroponik terbaik adalah kelurahan Sumber Rejo, sementara kategori GWM hidorponik dengan kualitas penen terbaik adalah kelurahan Karang Rejo dan GWM
hidroponik dengan hilirisasi terbaik adalah kelurahan Damai Bahagia.

Dengan hadirnya program GWM ini, Bank Indonesia berharap agar ibu-ibu dapat mengaktualisasi diri dan menjadi tiang keluarga melalui pelatihan pelatihan yang diberikan serta dapat turut serta dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Balikpapan. Bank Indonesia juga berharap agar program penanaman dan hilirisasi tetap berjalan dan tidak berhenti pada program ini saja dan dapat meluas menjadi program yang masif serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sumber : Bank Indonesia Balikpapan
Editor : Onix Radio