Pemerintah Kota Balikpapan Gratiskan BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

ONIX NEWS – Adanya kabar bahwa pemerintah akan menggratiskan  iuran BPJS Kesehatan untuk peserta kelas III secara mandiri, kini di buktikan oleh Wali Kota Balikpapan. Rahmad Mas’ud membuktikan komitmennya tersebut, dan tahun ini program nya sudah bisa dijalankan.

Namun ada syarat yang harus di penuhi oleh masyarakat agar bisa masuk ke dalam program tersebut. Program BPJS Kesehatan gratis ini merupakan prioritas Rahmad Mas’ud ditahun pertama jabatannya. Penentuan anggaran serta regulasi dilaksanakan secara cepat dan seksama Bersama dengan DPRD Kota Balikpapan.

Banyaknya peserta yang menunggak dalam pembayaran BPJS Kesehatan ini, mengakibatkan DPRD berkomentar bahwa anggaran yang ada tidak dapat mengcover seluruh tunggakan para peserta. Namun Rahmad Mas’ud menegaskan bahwa anggaran yang disediakan pemkot sebesar Rp 61 milliar  disiapkan hanya untuk menanggung iuran BPJS Kesehatan Kelas III Mandiri.

Syarat penting program ini adalah peserta diharap menyelesaikan terlebih dahulu tunggakan yang ada, karena pemkot tidak akan menanggung iuran bagi warga yang belum melunasi tunggakannya.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sangat memahami mengenai pelunasan tunggakan BPJS tidaklah mudah saat ini. Namun Rahmad tetap mengusahakan Langkah alternatif, seperti mengajak perusahaan yang ada di Balikpapan untuk ikut ambil andil dalam mensukseskan program ini.

“Nanti kita skemanya gotong royong. Kita koordinasikan dengan perusahaan, kita libatkan mereka untuk saling meringankan agar semua urusan selesai” ujar Rahmad.

Sumber : Nomorsatukaltim.com

Editor    : Onix Radio