Olimpiade Satu Hati (OSH) Diselenggarakan AHM Untuk Dorong Literasi Di Era Digital

ONIX NEWS – Ratusan siswa dari 58 sekolah yang tersebar di Indonesia mengikuti ajang lomba cerdas cermat virtual bertajuk Olimpiade Satu Hati (OSH) yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengadu ketangkasan pengetahuan generasi muda Indonesia.

Ilmu pengetahuan umum dan isu terkini terkait pendidikan, lingkungan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, serta safety riding diujikan kepada 290 siswa sebagai peserta di ajang Olimpiade Satu Hati pada 11-19 Januari 2022. Lomba adu ketangkasan ini dilaksanakan dengan berbagai tahapan lomba yakni babak The Battle of All atau penyisihan 58 kelompok pada 11 Januari 2022 sehingga terseleksi 16 kelompok peserta. Pada babak semi final yang digelar pada 13 Januari 2022 dan 17 Januari 2022, para siswa berkompetisi ketat dan terseleksi 4 kelompok terbaik yang berhak masuk ke tahap final pada 19 Januari 2022.

Dari beberapa kelompok, SMAN 5 Surabaya berhasil menjadi yang terbaik dengan poin 732. Hal ini tak luput dari dukungan dari para guru pembimbing dan juga persiapan yang dilakukan selama dua bulan untuk mengikuti ajang ini menjadi modal utama dalam meraih hasil terbaik.

Mutiara Puspita Utami mewakili kelompok SMAN 5 Surabaya mengungkapkan bahwa Olimpiade Satu Hati membuat mereka jadi lebih memahami pengetahuan dan wawasan mereka sebagai pelajar.

Selain SMAN 5 Surabaya adapula beberapa sekolah lainnya yang menjadi pemenang di ajang cerdas cermat Olimpaide Satu Hati yakni SMAN Bali Mandara menempati peringkat ke-2, disusul SMAN 5 Kota Bengkulu pada peringkat ke-3 dan peringkat ke-4 diraih SMKS Teknik Paba Binjai.

Cerdas cermat virtual ini merupakan salah satu langkah perusahaan berkontribusi menghadirkan ajang kompetisi yang unik, kreatif, dan menantang bagi remaja Indonesia di era literasi digital dengan mengedepankan teknologi yang dekat dengan keseharian anak muda. Maka dari itu General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan apresiasinya atas kerja keras dan kekompakan siswa dalam memberikan hasil terbaik pada setiap babak kompetisi OSH.

“Pengetahuan yang telah dimiliki oleh para pelajar perlu terus diasah dan semoga dimanfaatkan untuk memajukan bangsa ini. Dalam Olimpiade Satu Hati ini ada asah knowledge, adu ketangkasan, sekaligus spirit teamwork. Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin terus menghadirkan beragam program edukasi yang menarik dan kreatif untuk mendukung proses belajar bagi para generasi muda,” ujar Muhib.

Penilaian pada babak Battle of All mengedepankan pengumpulan poin dari masing-masing perwakilan peserta yang diakumulasi pada nilai akhir kelompok atau dengan konsep penilaian Everyone is Essential. Para peserta menjawab pertanyaan pilihan ganda menggunakan smartphone yang terlebih dahulu meregistrasikan diri dari masing-masing peserta.

Pada babak Semi Final dan Final, penilaian dilakukan untuk para peserta dengan metode Everyone is Essential, metode Show Your Answer dan metode Speak Up. Seluruh peserta pada ajang ini merebutkan total puluhan juta rupiah untuk menjadi 3 terbaik serta satu juara harapan. Kelompok peserta terbaik pada sesi final mendapatkan apresasi beasiswa sebesar Rp. 10.000.000, Rp. 8.000.000 untuk kelompok kedua terbaik, dan Rp. 5.000.000 untuk juara ketiga, serta Rp. 3.000.000 untuk peraih harapan pertama.

Editor : Onix Radio