Layanan Online Dari Kantor Imigrasi Balikpapan Untuk Permohonan Izin Tinggal Warga Negara Asing

ONIX NEWS – Melonjaknya angka pasien covid 19 di Balikpapan, mengakibatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 masih diperpanjang. Sehingga Kantor Imigrasi kelas I TPI Balikpapan memberlakukan pembatasan aktifitas layanan tatap muka. Khususnya untuk layanan permohonan izin tinggal bagi warga negara asing (WNA).

Dengan adanya hal tersebut, maka Kanim Balikpapan menyediakan layanan online yang dapat di akses oleh WNA yang berada di wilayah kerja Kanim Balikpapan yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Layanan online ini berdasarkan pada surat edaran Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR-01.01-0176 Tanggal 10 Agustus 2021 tentang Pedoman Teknis Layanan Izin Tinggal Keimigrasian Selama Pelaksanaan Pengembangan Aplikasi Izin Tinggal Online (IT Online).

Pemohon layanan izin tinggal dapat menghubungi nomor 08115977274 ( Whatsapp ) atau melalui email ke  alamat alamat knm.balikpapan@kemenkumham.go.id pada hari kerja senin s.d. jumat pukul 08.00 s.d. 15.00 Wita. Adapun dokumen yang akan dikirimkan dalam format PDF dengan ukuran A4 tidak dikompres. Setelah dokumen permohonan dikirimkan, selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi dan akan langsung menghubungi pemohon melalui whatsapp atau email dalam kurun waktu 1X24 jam setelah permohonan diterima oleh petugas imigrasi. Bila permohonan disetujui, maka pemohon dapat langsung ke Kantor Imigrasi Balikpapan untuk melakukan pengambilan data biometrik (foto dan sidik jari).

Rakha Sukma Purnama selaku Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan menyebutkan bahwa layanan online yang saat ini berjalan sangat memudahkan pemohon (WNA) untuk mengajukan permohonan izin tinggal. Selain itu juga guna memutus rantai covid 19 melalui pembatasan layanan tatap muka.

Kanim Balikpapan juga memiliki inovasi layanan bagi warga negara asing bernama SI BEKANTAN (Imigrasi Berikan Kenyamanan Pelayanan Orang Asing Tanpa Datang) untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call centre di nomor 0811-5925-151.

Sumber : Kantor Imigrasi Balikpapan

Editor : Onix Radio