Komite FFI 2021 Resmi Umumkan Daftar Nominasi Kategori Penghargaan Piala Citra FFI 2021

ONIX NEWS – Minggu (10/10/2021) resmi diumumkannya daftar nominasi Festival Film Indonesia 2021 oleh Komite Festival Film Indonesia (FFI). 22 Nominasi kategori penghargaan Piala Citra FFI 2021 dibacakan langsung oleh empat duta FFI 2021 yakni Tissa Biani, Jefri Nichol, Angga Yunanda dan Prilly Latuconsina.

Tema FFI tahun ini yaitu “Sejarah Film dan Media Baru” dengan subtema “ Beralih Masa, Bertukar Rasa Film Indonesia”

Terdapat 54 orang juri nominasi yang ikut andil dalam menseleksi daftar nominasi yang dibacakan para duta FFI 2021 antara lain 45 orang juri nominasi untuk Film Cerita Panjang dan 9 orang juri nominasi untuk kategori Film Non Cerita Panjang. Para juri nominasi tersebut melaksanakan penilaian mulai 15 september hingga 5 oktober 2021. Juri Nominasi merupakan perwakilan dari asosiasi asosiasi profesi perfilman.

Garin Nugroho selaku Ketua Bidang Penjurian FFI 2021 mengungkapkan bahwasanya penjurian yang dilakukan tahun ini berdasarkan oleh aspek penting yakni penghormatan kepada organisasi profesi film yang dilakukan melalui asosiasi asosiasi profesi perfilman, untuk memilih pemenang terbaik dewan juri menggunakan system yang pernah dilakukan oleh FFI, sedangkan untuk kritik film dan kategori film, actor dan actris terfavorit dinilai melalui partisipasi masyarakat luas.

 Proses penjurian ini dilakukan dengan melewati beberapa lapisan. Untuk penjurian 22 Film Cerita Panjang dilakukan oleh 15 asosiasi profesi dan penentuan nominasi dilakukan melalui voting dan diskusi. Seluruh proses penjurian murni dilakukan oleh para juri yang terpilih serta diawasi oelh Komite Penjurian dan Akuntan Publik.

Komite tetap FFI 2021 memilih 15 anggota dewan juri akhir yang professional serta ahli dari berbagai latar profesi yang mewakili Film Indonesia. Untuk menentukan pemenang 17 kategori penghargaan dewan juri akhir akan melaksanakan tugasnya hingga November 2021. Asosiasi asosiasi profesi perfilman telah menunjuk tiga orang untuk menjadi dewan juri akhir sebagai penentu pemenang di masing masing kategori penghargaan.

Hilmad Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikburistek ) mengucapkan selamat kepada karya karya yang lolos seleksi FFI 2021. FFI 2021 merupakan ajang penghargaan yang dilaksanakan di tengah pandemic covid-19, walaupun demikian, industri perfilman Indonesia masih tetap berjuang melahirkan karya karya terbaiknya di dalam situasi yang sangat terbatas.

Penyelenggaraan FFI merupakan upaya pemerintah Bersama para insan perfilman untuk melestarikan nilai nilai budaya bangsa, kearifan local dan pembangunan bangsa melalui film. FFI merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan sejak tahun 1955 yang berfungsi sebagai tolak ukur prestasi, apresiasi, dan promosi film Indonesia.

Malam Anugerah Piala Citra Festival Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2021 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Sumber : Festival Film Indonesia 2021

Editor : Onix Radio