Gandeng 3 Perusahaan Migas, Pemkot Balikpapan Kembangkan Orchidarium di Kebun Raya Balikpapan

Onix News, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan berencana mengembangkan orchidarium di area Kebun Raya Balikpapan. Taman tematik orchidarium tersebut merupakan buah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PKHT) , Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dan Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS).

Orchidarium merupakan sebuah taman koleksi yang dibuat menyerupai habitat asli dimana tanaman anggrek hidup yang biasanya rindang banyak pepohonan sehingga area ini tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Tanaman anggreknya sendiri didapatkan dari kawasan ex situ, yaitu hutan alami dimana tanaman berdasarkan tema dan pola kekerabatannya tumbuh.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana kepada awak media menyampaikan kerja sama ini dibuat dalam jangka waktu tiga tahun antara Pemkot dengan PKHT, PHM dan PHSS.

‚ÄúTaman tematik ini berluaskan 1,5 hektar dengan membentuk pola tracking sejauh 600 meter yang di kiri dan kanannya nanti ditanami beberapa tanaman anggrek Kalimantan, yang mana pola tanamnya dibuat menyerupai dengan habitat aslinya dihutan dengan menempel di pepohonan,” ujar Sudirman, usai penandatanganan MoU antara Pemkot dengan tiga perusahaan migas, Senin (23/5).

“Dengan keberadaan taman tematik ini diharapkan dapat memperkaya jenis koleksi anggrek Kalimantan di Kebun Raya Balikpapan, sebagai sarana penelitian, edukasi, jasa lingkungan untuk habitat alamnya dan wisata untuk warga Kota Balikpapan,” tambahnya lagi.

“Jadi tadi ini kan MoU, tindak lanjutnya adalah penandatanganan kerja sama dengan DLH. Mungkin akan kita rangkaikan dengan Hari Lingkungan Hidup tanggal 6 Juni nanti,” tutup Sudirman.