Disporapar Lirik Bukit Kebo Untuk PAD Dari Sektor Pariwisata

ONIX NEWS – Belum lama ini viral tempat wisata baru Balikpapan yang belum banyak diketahui masyarakat lokal. Suasana yang masih asri karena tanah lapang yang sangat luas menjadikannya tempat yang cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

Bukit Kebo, tempat wisata baru yang saat ini dilirik oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Pemkot Balikpapan berencana ingin memaksimalkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Dortje Marpaung. Pihak Disporapar Kota Balikpapan telah berkoodinasi dengan pihak pengelola objek wisata Bukit Kebo.

Pemerintah Kota akan melakukan sharing pajak dari tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola.

“kita tidak mengenakan retribusi karena bukan fasilitas kita” ujar dortje.

Pemerintah daerah tidak memiliki wewenang untuk menarik retribusi di objek wisata yang di kelola oleh pihak swasta. Sedangkan untuk pemberlakuan tiket harus mengacu pada aturan yang ada dan tidak sembarangan.

Untuk mendukung rencana tersebut, Disporapar Kota Balikpapan telah mendapat arahan dari Walikota Balikpapan. Seperti melakukan sejumlah pembenahan salah satunya melakukan peningkatan akses jalan di wilayah tersebut.

Dengan di maksimalkannya pembenahan tersebut, maka maksimal pula wisata bukit kebo untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sumber : Tribunkaltim.com

Editor : Onix Radio