Bank Indonesia Balikpapan Tutup Kegiatan SPR 2021 Dengan Appreciation Day

ONIX NEWS – Untuk menutup rangkaian kegiatan Sekolah Peduli Rupiah Tahun 2021, Bank Indonesia Balikpapan menggelar Appreciation Day secara virtual pada hari sabtu (2/10/2021). Pada acara appreciation day, diselenggarakan webinar bertema Kontribusi Untuk Negeri Melalui Prestasi yang menghadirkan narasumber Nadine Chandrawinata, Putri Indonesia Tahun 2005 dan Tri Retno Mutiara Lutfi, Atlet Timnas Voli Indonesia serta moderator Ronal Surapradja, presenter / TV Host.

Sekolah Peduli Rupiah merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Balikpapan dan ini merupakan tahun ketiga pelaksanaannya. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengkomunikasikan kebijakan Bank Indonesia serta memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pelajar terkait uang Rupiah dan kebanksentralan melalui rangkaian kelas edukasi dan kompetisi untuk pelajar. SPR 2021 dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus hingga 2 Oktober 2021 lalu.

Kegiatan Appreciation Day ini dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Mahdi Abdillah dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Kab PPU dan Paser, Bapak Ibu Guru serta diikuti oleh lebih dari 650 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat yang berada di Kota Balikpapan, Kab. PPU dan Paser. Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan bahwa Program Sekolah Peduli Rupiah (SPR) pada tahun 2021 diikuti oleh lebih dari 1300 siswa dari 352 sekolah di Balikpapan, PPU dan Paser.

Dalam kegiatan ini para narasumber pun berbagi cerita kepada para peserta serta memberikan motivasi agar dapat berkontribusi untuk negeri melalui pencapaian prestasi. Nadine yang merupakan salah satu narasumber memberikan motivasi serta sharing  pengalaman pada saat mewakili Indonesia di ajang Miss Universe Tahun 2006. Selain memerlukan tekad yang kuat, persiapan dan latihan adalah kunci penting untuk mempersiapkan diri dalam suatu kompetisi. Selain itu, Tri Retno Mutiara juga membagi pengalamannya pada saat mewakili Indonesia di kompetisi voli Internasional dan berhasil menyumbangkan medali serta mengumandangkan lagu Indonesia Raya di kancah internasional. Tentunya, segala prestasi yang diraih tidak lepas dari ketekunan serta semangat yang dicurahkan oleh Tri Retno.

Bank Indonesia senantiasa berkolaborasi dengan stakeholder untuk mendorong literasi masyarakat terhadap uang Rupiah dan kebanksentralan melalui edukasi dan sosialisasi yang masif dan terukur.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onix Radio