Astra Motor Kaltim 1 Berikan Tips Rawat Motor Matic

ONIX news, Balikpapan – Melihat kondisi di jalanan sekarang terutama Balikpapan, bukan hal baru jika motor matic sudah dapat ditemui dimana-mana. Meski awalnya motor matic ini digunakan oleh perempuan karena kemudahan dalam menggunakan motor matic yang hanya tinggal gas, namun belakangan tak jarang para pria juga memilih menggunakan motor matic. Dengan banyaknya pengguna motor matic, kali ini Astra Motor Kaltim 1 akan membagikan tips bagaimana cara merawat motor matic yang benar agar selalu awet. Karena motor matic mudah dioperasikan maka perlu perawatan khusus untuk menjaga motor matic ini tetap awet dan selalu dalam kondisi prima. 

Perawatan Motor Matic Selalu panasi motor maticmu sebelum akan digunakan. Lakukan hal ini sekitar 5-10 menit sebelum siap dipakai.
Kondisikan kecepatan motormu secara stabil. Jangan melakukan pengegasan yang tiba-tiba. Demikian juga sebaliknya, jangan langsung menurunkan kecepatan pada saat kamu berjalan dengan kecepatan tinggi.

Segera lakukan pengisian bahan bakar bila bensin sudah mulai habis. Hal ini untuk menghindari terjadinya keausan pada mesin.
Ganti oli motor kamu secara teratur.

Perhatikan juga kondisi ACCU dan busi motor. Ini merupakan komponen penting dari motor matic kamu agar motor tidak mudah mogok dan tetap nyaman dikendarai.

Periksa roler dan vanbelt
Segera ganti komponen motor maticmu bila sudah tidak layak. Penggantian spare part apapun usahakan menggunakan spare part yang asli yang direkomendasikan oleh bengkel resmi.

Periksa ruang transmisi dan oli shockbreaker.
Dalam ruang transmisi biasanya banyak debu yang menempel di sana. Selalu bersihkan secara berkala bila ruang transmisi sudah mulai kotor. Ganti juga Oli Shockbreaker secara berkala.
Servis motor matic kamu secara berkala di bengkel resmi motor Ini yang tidak boleh dilupakan bagi para pengguna motor matic, usahakan jangan lupa untuk servis motormu di bengkel resmi motor maticmu.

Cara Merawat Motor Matic Agar Selalu Awet

  1. Memperhatikan Timing Belt
    Timing belt merupakan bagian yang sangat penting bagi motor matic karena fungsi dari timing ini sama seperti fungsi dari rantai pada motor bertransmisi. Jadi kamu  harus selalu merawat motor matic dan memperhatikan timing belt agar tidak mengeras. Apabila timing belt mengeras maka motor matic kamu akan sulit berjalan dan juga bisa menghambat kamu dalam perjalanan.
  2. Memperhatikan Oli CVT
    CVT adalah kependekan Continuous Variable Transmission, alat ini yang memiliki kegunaan sebagai transmisi pada motor matic. Cara kerja CVT adalah mengganti transmisi dari motor matic secara langsung sesuai kecepatan saat kamu berkendara. CVT merupakan bagian penting pada motor matic karena disinilah letak utama pergerakan dari motor matic. Untuk itu kamu sebaiknya memperhatikan oli pada cvt dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic kamu tetap dalam kondisi prima.
  3. Mengganti Oli Mesin Berkala
    Oli mesin merupakan kebutuhan motor yang harus dipenuhi, termasuk dalam hal ini perawatan motor matic. Sebaiknya kamu selalu mengecek oli mesin motor kamu dan menggantinya secara berkala sesuai pemakaian motor kamu agar oli selalu terkesan baru. Apabila oli mesin sudah kotor dan tidak diganti maka dampaknya mesin pada motor matic akan mempengaruhi. Mengganti oli mesin dilakukan apabila telah menempuh jarak 3000 Km atau 3 bulan sekali, penggantian oli berfungsi untuk selalu menjaga kebersihan mesin motor kamu. “demikian tips dari Astra Motor Kaltim 1 merawat sepeda motor yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan tak lupa selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan #cari_AMAN dimanapun dan kapanpun saat berkendara” Ujar Matthew Poetera Sah selaku Manager Marketing Astra Motor Kaltim 1.